FPTI Maluku Gelar Kejuaraan  Panjat Tebing

FPTI Maluku Gelar Kejuaraan  Panjat Tebing

75
SHARE
Pengurus FPTI Provinsi Maluku bersama peserta Kejuaraan Daerah Panjat Tebing, Rabu (18/10). FOTO : ALFIAN (TERASMALUKU.COM)

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Forum Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Provinsi Maluku menggelar kejuaraan daerah (Kejurda) Panjat Tebing yang baru pertama digelar di Maluku. Kejuaraan tersebut akan berlangsung selama dua hari mulai, Kamis (19/10) hingga Jumat (20/10). “Kita buat Kejuaraan Daerah (Kejurda) Panjat Tebing Provinsi Maluku untuk yang pertama kalinya dalam kepengurusan kami,” kata Ketua Harian FPTI Provinsi Maluku, Alwi Ode kepada wartawan di Ambon, Rabu (18/10).

Ia menyebutkan, peserta itu terdiri atas enam pengurus cabang FPTI yang ada di kabupaten dan kota. Yakni Maluku Tengah, Seram Bagian Timur, Seram Bagian Barat, Kota Ambon, Buru dan Kota Tual. “Sampai dengan saat ini, sudah ada lima kabupaten yang mendaftar untuk ikut Kejurda. Sedangkan Kabupaten Buru belum mendaftarkan pesertanya,” katanya.

Menurut Alwi, dalam kejuaraan tersebut, terdapat dua kategori yang akan dilombakan yakni, kategori Speed Putra dan Putri dan Lead Putra dan Putri. Setiap kontingen perkabupaten ada empat orang putra dan empat putri. “Hari pertama yang dilombakan itu kategori Lead putra-putri dan hari kedua,  20 Oktober itu dilombakan kategori speed putra-putri,” katanya.

Ia mengungkapkan, tujuan kejuaraan daerah untuk memperkenalkan olah raga  Panjat Tebing  untuk masyarakat Maluku dan targetnya atlit yang menang dalam kejuaraan ini akan diikutkan dalam Kejuaraan Panjat Tebing nasional pada Desember mendatang. “Diharapkan setelah kejuaraan ini, Maluku bisa mempunyai atlit Panjat Tebing yang bisa bersaing di tingkat nasional maupun manca negara,” katanya. (IAN)