Gebyar Pesona Bupolo 2,  Pantai Wisata Jikumarasa Dipadati Ribuan Orang

Gebyar Pesona Bupolo 2,  Pantai Wisata Jikumarasa Dipadati Ribuan Orang

239
SHARE
Pengunjung memadati Pantai Wisata Jikumarasa di Kecamatan Liliali Kabupaten Buru pada Jumat (13/10). FOTO : ADI (TERASMALUKU.COM)

TERASMALUKU.COM,-NAMLEA- Ribuan orang memadati pantai wisata Jikumarasa di Kecamatan Liliali  Kabupaten Buru, Jumat (13/10) sore  dalam rangkaian Gebyar  Pesona Bupolo 2 dan  HUT Kabupaten Buru ke 18.  Ribuan  pengunjung datang dari Kota Namlea dan sekitarnya ke kawasan pantai wisata ternama di Pulau  Buru itu.

Di pantai ini, warga menyaksikan berbagai lomba yang digelar Dinas Pariwisata Kabupaten Buru. Diantaranya, lomba hela rotang di dalam air, pukul bantal diatas  air, lomba pikol sagu dan lomba kupas kapala. Peserta lomba berasal dari warga, pegawai negeri sipil jajaran Pemerintah Kabupaten Buru  dan TNI/Polri.

Bupati Buru Ramly Umasugi ikut menyaksikan langsung berbagai perlombaan di pantai wisata dengan hamparan pasir putih yang panjangnya sekitarnya 3 kilometer itu. Diantara pengunjung terdapat sejumlah pejabat dari Kementerian Pariwisata RI yang datang khusus menyaksikan Gebyar Pesona Bupolo 2 di pantai itu.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Buru Istanto Setyahadi menyatakan, berbagai kegiatan sengaja digelar di pantai itu untuk mempromosikan pesona wisata Pantai Jikumarasa. “Di ajang Gebyar Pesona Bupolo 2 ini, kita terus mempromosikan keindahan pesona  pantai  Jikumarasa dengan berbagai kegiatan. Apalagai tahun ini, Pantai Jikumarasa masuk nominasi pantai wisata terpuler pesona Indonesia,” kata Istanto.

Untuk menarik orang berkunjung ke Pantai Jikumarasa, menurut  Istanto  pihaknya terus melakukan penataan di lokasi pantai dengan keindahan pasir putih halus itu. Masih dalam rangkaian Gebyar Pesona Bupolo 2 Tahun 2017, menurut Istanto, pada   Sabtu (14/10) pihaknya akan menggelar Bupolo Aquathlon, lomba renang dan lari.

Sunset di Jikumarasa

Ada sekitar 300 peserta dari TNI/Polri dan masyarakat akan mengikuti perlombaan dengan berenang 500 meter dan lari 5 kilometer di kawasan Pantai Jikumarasa. Lomba ini dengan total hadiah Rp 30 Juta. Selain Aquathlon, di pantai itu juga digelar pesta kuliner.

Di Pantai Wisata Jikumarasa yang berjarak sekitar 13 kilometer dari Kota Namlea, Ibukota Kabupaten Buru itu,  pengunjung bisa menikmati indahnya pasir putih halus sepanjang mata memandang. Pengunjung dapat  berenang tanpa takut koral, snorkeling, diving dengan melihat keindahan aneka terumbu karang. Selain itu  pengunjung juga bisa menikmati sunset, matahari terbenang.

Saat menyaksikan keindahan pantai, pengunjung juga bisa menikmati aneka kuliner seperti Rujak Jikumarasa dengan rasa yang legit. Hingga kini, pengunjung bebas masuk di pantai wisata ini tanpa bayar. Di pantai, pengunjung  aneka makanan seperti

Istanto menyatakan  pihaknya fokus membangun sejumlah fasilitas pendukung dan menjaga kebersihan pantai tersebut, sehingga warga lebih  nyaman berkunjung ke Pantai Jikumarasa.  “Kita akan menata Pantai Jikumarasa agar lebih bagus lagi, namun saya prioritaskan dulu  menjaga  kebersihan dan membangun fasilitas pendukung lainnya di Pantai Jikumarasa ini,” kata Istanto. ADI