Gedung PUSKUD Ambon Terbakar

Gedung PUSKUD Ambon Terbakar

1374
SHARE
Gedung Pusat Koperasi Unit Desa (PUSKUD) di kawasan Jalan AY Patty Kota Ambon, Minggu (7/10) pagi terbakar. FOTO : ADI (TERASMALUKU.COM)

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Gedung Pusat Koperasi Unit Desa (PUSKUD) di kawasan  Jalan AY Patty Kota Ambon, Minggu (8/10) sekitar pukul 06.00 WIT terbakar. Api membakar  Toko Grand Elecronic, kios emas, kios kacamata dan kios pangkas rambut di Lantai I Gedung PUSKUD Ambon ini. Belum diketahui pasti penyebab kebakaran gedung berlantai empat itu. Namun sumber api diketahui  berasal dari Toko Grand Electronik.

Enam unit mobil pemadam  kebakaran dari Dinas Pemadam  Kebakaan Kota Ambon langsung dikerahkan memadamkan api. Petugas pemadam bersama anggota Satuan Polisi Pamong Praja Kota Ambon berjuang memadamkan kebakaran itu. Lokasi kebakaran hanya berjarak sekitar 100 meter dari Kantor Dinas Pemadam Kebakaan Kota Ambon. Petugas  bertingak cepat mengatasi kebakaran. Petugas  bahkan menyemprot  air ke lokasi kebakaran  dari mobil pemadam  yang disiagakan di Kantor Pemadaman Kebakaran Ambon itu.

Pemadaman dipimpin  langsung Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Ambon Edwin Pattikawa. Edwin   menyatakan,sumber kebakaran  berasal dari Toko Grand  Electronic, kemudian membakar bagunan kios lainnya yang berdekatan. “Menurut laporan kebakaran ini awalnya dari Toko Grand Electronic,  kemudian merembet, membakar tiga unit kios di samping toko,” kata Edwin saat ditemui disela- sepa upaya pemadamam kebakaran itu.

Petugas pemadam sempat kesulitan memadamkan kebakaran karena menurut Edwin, toko dan kios yang terbakar tidak memiliki ventilasi yang memadai dan fasilitas hidran, pemadam kebakaran. Upaya pemadaman juga  sempat terganggu karena barang -barang di dalam Toko Grand Electronic  muda terbakar dan kondisi toko gelap gulita  setelah terbakar. “Toko Grand Electronic yang terbakar ini kan besar, di dalamnya penuh dengan barang electronic, mudah terbakar apalagi  kondisi toko gelap setelah kebakaran sehingga petugas mengalami kendala memadamkan,” katanya.

Setelah berjuang lebih dari tiga jam, tim pemadam kebakaran berhasil menjinakan api. Namun petugas masih melakukan pemadaman sisa – sisa kebakaran agar kebakaran tidak terjadi lagi. “Api sudah berhasil kita padamkan, tapi masih ada asap di dalam toko sehingga petugas masih menyiram air,” katanya.

Para korban kebakaran menyelamatkan sisa barang – barang jualan mereka dari dalam toko dan kios yang terbakar. Edwin juga  menyatakan toko dan kios di lantai dua, termasuk toko buku NN dalam keadaan aman tidak ikut terbakar.”Kebakaran hanya terjadi di lantai satu sedangkan toko dan kios di lantai atas terutama lantai dua aman,”kata Edwin.

Di Gedung PUSKUD  ini terdapat toko, kantor, kios dan sejumlah tempat usaha lainnya. Sejumlah aparat Polres Pulau Ambon dikerahkan untuk mengamankan lokasi  kebakaran. Polisi langsung memasang garis polisi di lokasi untuk kepentingan penyidikan. Akibat kebakaran ini, Jalan AY. Patty di pusat Kota Ambon ini sempat ditutup. (ADI)