Kabupaten Buru Bakal Miliki Rumah Sakit Regional di Namlea

Kabupaten Buru Bakal Miliki Rumah Sakit Regional di Namlea

229
SHARE
Bupati Buru Ramly Umasugi, saat memberikan sambutan HUT Kabupaten Buru ke 18 di Lapangan Pattimura Namlea, Kamis (12/10). FOTO : (TERASMALUKU.COM)

TERASMALUKU.COM,-NAMLEA-Bupati Buru Ramly Umasugi berencana membuat Rumah Sakit Regional Tipe B yang representatif di Kota  Namlea Kabupaten Buru. Rumah sakit ini untuk menjawab kondisi geografis wilayah Kabupaten Buru  yang terpisah oleh laut dari Kota Ambon, Ibukota Provinsi Maluku. Sehingga masyarakat di daerah itu  sangat membutuhkan sekali rumah sakit.

“Kami dalam tahun anggaran ini berencana membuat satu buah unit Rumah Sakit Regional Tipe B untuk menjawab kondisi wilayah kita yang terpisah oleh laut dari Ibu kota Provinsi Maluku. Sebab masyarakat di sini sangat membutuhkan sekali rumah sakit,” kata Bupati Ramly dalam sambutannya saat Perayaan  Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Buru yang ke 18 di Lapangan Lapangan Patimura Namlea, Kamis (12/10).  .

Untuk pembangunan Rumah Sakit Regional Tipe B ini, kata Ramly, dirinya sudah mengajukan anggaran kepada Pemerintah Provinsi dan  di tahun 2017, Kabupaten Buru dalam RAPD telah terakomudir sekitar Rp 10 miliar rupiah. “Kami berharap Pemerintah Provinsi dapat merespon hal ini, sehingga percepatan pembangunan rumah sakit tersebut dapat terlaksana,” kata Ramly.

Selain itu, lanjut Ramly, Pemerintah Kabupaten Buru juga telah melalukan kerjasama dengan berbagai universitas di Indonesia. Yakni Universitas Pattimura Ambon, Universitas Padjajaran, Bandung,  dan Universitas Samratulangi, Manado  untuk memberikan pendidikan bagi  putra – putri Kabupaten Buru  di Fakultas Kedokteran agar dapat menjawab kebutuhan tenaga dokter di daerah ini. “Kita telah bekerjasama untuk sekolahkan anak-anak  kita agar menjawab kebutuhan terhadap dokter jika rumah sakit tersebut sudah ada,” katanya.

Hadir dalam acara  ini, Gubernur Maluku Said Assagaff dan Sekda Maluku Hamin Bin Thahir, Wakil Bupati Buru Amustafa Besan, Wakil Bupati Seram Bagian Barat, Temetius Akerina, Sekda Buru, Ahmad Assagaff serta para pejabat Pemprov Maluku dan Pemkab Buru lainnya

Bupati menambahkan, dalam perayaan HUT Kabupaten ini, dirinya atas nama pribadi dan pemerintah daerah menyampaikan selamat HUT ke 18 kepada seluruh masyarakat Buru dimanapun berada dan semoga daerah ini selalu diberikan keberkahan serta keberhasilan dalam segala aspek. (IAN)