10 Tenaga Medis Positif Covid-19, Tiga Faskes di Ambon Ditutup

by
Klinik Mata Ambon -Vlissingen (AV) di Negeri Passo Kota Ambon. FOTO : ALFIAN

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Sebanyak 10 orang tenaga medis pada tiga fasilitas kesehatan (Fakes) di Kota Ambon terpapar Covid-19. Akibatnya tiga Faskes sementara ditutup dan tidak melayani masyarakat.

Tiga fasilitas kesehatan itu yakni Puskesmas Tiahahu, Puskesmas Hative Kecil dan Klinik Mata Ambon -Vlissingen (AV) di Negeri Passo Kota Ambon.

“Terkait dengan tenaga medis yang ditemukan terkonfirmasi positif covid-19, maka kita menutup sementara fasilitas kesehatan tersebut,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kota Ambon, Joy Andriaansz kepada wartawan di Balai Kota Ambon, Rabu (30/6/2021).

Dia menyebutkan, tenaga medis yang terkonfirmasi di tiga Faske itu, diantaranya 1 tenaga medis di Puskesmas Hative Kecil, 6 tenaga medis di Puskesmas Tiahahu dan 3 berada di klinik Mata AV.

Joy mengatakan, kini seluruh tenaga medis pada tiga Faskes telah diswab PCR. Fasilitas kesehatan akan dibuka setelah hasil swab keluar.

“Kita akan buka kembali tiga Faskes setelah hasil tes swab seluruh tenaga kesehatan keluar dan dinyatakan negatif,” katanya.

Dia juga mengatakan, saat ini tingkat terkonfirmasi positif di Kota Ambon naik signifikan, sehingga angka skoring zonasi turun dari 1,95 menjadi 0,83.

“Angka skoring zonasi kita turun 12 poin menjadi 0,83, namun kita masih tetap berada pada zona oranye,” katanya.

Joy mengimbau kepada masyarakat agar tetap menjalankan protokol kesehatan dengan baik karena saat ini kondisi Kota Ambon rawan penyebaran covid-19. (ALFIAN)