11 Hingga 13 Januari, Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur  Jalani Pemeriksaan Kesehatan

11 Hingga 13 Januari, Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur  Jalani Pemeriksaan Kesehatan

125
SHARE
KPU Maluku melakukan proses pendaftaran Bakal Basangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku mulai dari Senin (8/1) hingga Rabu (10/1). FOTO : DOK. (TERASMALUKU.COM)

TERASMALUKU.COM,-AMBON- Setelah mendaftar di KPU Maluku, seluruh bakal Pasangan Calon (Paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku menjalani pemeriksaan kesehatan di RSUD dr. Haulussy Ambon. Pemeriksaan kesehatan dimulai Kamis (11/1) hingga Sabtu (13/1).

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Maluku Syamsul Rifan Kubangun mengatakan, setelah agenda pendaftaran, seluruh bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku tidak boleh meninggalkan Kota Ambon atau berangkat ke luar daerah pada tanggal tersebut.

“Kita sudah agendakan tanggal 11 sampai 13 Januari ini  untuk pemeriksaan kesehatan bagi semua bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku yang terdaftar,” kata Kubangun kepada wartawan di Kantor KPU Maluku, Rabu (10/1).

Ia menyatakan, untuk persyaratan kesehatan calon itu harus sehat jasmani dan rohani serta bebas dari narkoba. “Olehnya itu, kami dari KPU Provinsi akan menunjuk rumah sakit daerah untuk melakukan pemeriksaan kesehatan. Dokumen kesehatan itu yang menjadi persyaratan calon dan dokumen itu tidak dapat diperbaiki karena hal itu berkaitan dengan kesehatan calon Gubernur dan Wakil Gubernur,” kata Kubangun.

Menurut Kubangun yang akan membantu  RSUD Ambon untuk bergabung dalam tim pemeriksaan kesehatan para calon  ada Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Maluku dan Himpunan Psikologi (Himsi) Makassar. “Untuk siapa yang diperiksa duluan itu belum ditentukan karena jadwalnya belum ada di kita, nanti kita koordinasi lagi dengan pihak rumah sakit,” katanya.

Setelah agenda pemeriksaan kesehatan ini dilakukan, kata Kubangun, pihaknya akan melakukan penelitian administrasi dan konfirmasi , setelah itu hasil penelitiannya akan diumumkan berkaitan dengan hasil penelitian itu. Ia menambahkan, setelah semua agenda itu dilaksanakan, nantinya pada tanggal 12 Februari 2018 pihaknya akan melakukan penetapan pasangan calon dan pada tanggal 13 Februari 2018 dilakukan pengundian nomor urut. (IAN)