128 Stand  Ramaikan Pameran HPN dan Maluku Expo 2017

by
Wagub Maluku mengguti pita, tanda pembukaan pameran dalam rangka HPN dan Maluku Expo 2017 di Lapangan Merdeka Ambon, Senin (6/2). Foto : Lucky Mukadar

TERASMALUKU.COM,AMBON-Wakil Gubernur (Wagub) Maluku Zeth Sahuburua membuka  pelaksanaan  pameran dalam rangka Hari Pers Nasional (HPN) dan Maluku Expo 2017 di Lapangan Merdeka Ambon, Senin (6/2). Sebanyak 128 stand dari kementerian, lembaga, instansi pemerintah provinsi, kabupaten dan kota se Indonesia, industri media massa dan dunia usaha meramaikan pameran tersebut.

Sahuburua menyatakan, pelaksanaan pameran dalam rangka HPN dan Maluku Expo kali ini mendapat respon  positif dari berbagai pihak di Indonesia dan Maluku.  “Ajang pameran kali ini cukup diminati dan mendapatkan respon positif kalangan dunia usaha baik di tingkat lokal maupun nasional. Ini dibuktikan dengan 128 stand yang telah terisi oleh pelbagai produk barang dan jasa dari seluruh peserta pameran termasuk stand dari masing-masing instansi baik provinsi maupun kabupate dan kota seluruh Indonesia,” kata Sahuburua saat membuka pameran itu.

Menurut Sahuburua, pameran ini merupakan upaya mempromosikan berbagai produk unggulan yang dimiliki setiap instansi, daerah atau dunia usaha kepada publik. Era globalisasi saat ini menurutnya, identik dengan kompetisi. Arena kompetisi tersebut berlangsung pada semua sektor tanpa terkecuali terlebih lagi kompetisi dalam produksi.

Bagaimana promosinya, pemasaran – pemasarannya, dan distribusinya, bahkan pelayanan pasca penjualan, hal – hal inilah menurut Sahuburua yang harus disikapi dunia usaha, agar mampu bertahan dalam gempuran pasar global.

Loading...

Menurut Sahuburua, bila ingin unggul maka produksi yang dilakukan  harus memenuhi standar mutu internasional.  Dan untuk mencapai standar tersebut pembenahan secara sistematik harus terus dilakukan mulai dari hulu hingga hilir, baik  sumber daya manusia, sistem produksi sarana prasarana infrastruktur dan promosi.

“Saya percaya kehadiran dunia usaha Indonesia dalam pameran HPN dan Maluku Expo 2017 telah memenuhi standar standar tersebut, maka lebih dari itu dapat meningkatkan mutu produk aksinya sehingga mampu menembus pasar internasional,” kata Sahuburua.

Ia mengatakan, negara sangat membutuhkan peningkatan ekspor barang, produksi non migas. Pemerintah Maluku berharap melalui ajang pameran HPN dan Maluku Expo 2017   dapat meningkatkan jangkauan pangsa pasar dari Maluku  sehingga lebih meluas dan semakin banyak pengusaha yang mampu go internasional. Ajang HPN di Kota Ambon  juga diharapkan bisa memberikan dampak yang baik bagi masyarakat Maluku dihari-hari mendatang.

“Saya berharap di waktu-waktu yang akan datang perkembangan industri kreatif di Provinsi Maluku akan semakin maju dan berkompetisi baik di tingkat nasional maupun internasional,”katanya. Lokasi pameran ramai dikunjungi warga Kota Ambon dan sekitarnya. Pameran ini akan berlangsung hingga acara puncak HPN  yakni 9 Februari.

Hadir dalam pembukaan pameran,  Penjabat Walikota Ambon Frans J. Papilaya, Sekjen PWI Hendri CH. Bangun dan sejumlah pejabat Pemprov Maluku dan Kota Ambon, serta peserta HPN dari berbagai kota. (MQR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *