14.920 Vial Vaksin Covid Sinovac Tambahan Untuk Maluku Tiba di Ambon

by
14.920 vial Vaksin Covid Sinovac tiba di Bandara Pattimura Ambon, Sabtu (23/1/2021). Foto : Istimewa

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Sebanyak 14.920 vial Vaksin Covid Sinovac tambahan untuk Maluku dari Pemerintah Pusat melalui Kementerian Kesehatan telah tiba di Ambon, Sabtu (23/1/2021) pagi.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku, dr. Adonia Rerung menjelaskan, belasan ribu vial Vaksin Sinovac ini tiba di Bandara Pattimura Ambon sekitar pukul 09:30 WIT pagi tadi dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia.

“Sudah tiba tadi (Sabtu pagi) saya sendiri yang saksikan itu tiba, sekitar pukul 09:30 WIT, jumlahnya 14.920 vial,”jelasnya menjawab terasmaluku.com Sabtu siang.

Saat ini belasan ribu vaksin itu telah disimpan di Instalasi Farmasi Dinas Kesehatan Provinsi Maluku di kawasan Karang Panjang, Ambon.

Setelah kedatangan vaksin tambahan ini, kata Rerung lebih lanjut,  Satgas Penanganan Covid-19 Maluku telah koordinasikan dengan PT. Pos Indonesia Cabang Ambon selaku penanggungjawab distribusi yang ditunjuk Pemerintah Pusat, rencananya Vaksin Covid Sinovac untuk 10 kabupaten/kota di Maluku akan mulai didistribusikan pekan depan.

Pendistribusian ke 10 kabupaten/kota akan disesuikan dengan jadwal pesawat terbang. Namun, dipastikannya, yang pertama akan didistribusikan adalah kabupaten terdekat seperti Seram Bagian Barat (SBB) dan Maluku Tengah. “Yang terdekat dulu yang bergerak seperti SBB dan Maluku Tengah,”tandasnya.

Sekedar tahu, sebelumnya sebanyak 15.120 vial Vaksin Covid Sinovac untuk Maluku telah lebih dulu tiba pada 4 Januari lalu dan baru Kota Ambon yang telah didistribusikan pada 13 Januari serta telah memulai Program Vaksinasi Covid-19 pada 15 Januari sesaat pasca Vaksinasi Perdana Tingkat Provinsi Maluku. (Ruzady)