Kunker ke Banda Naira, Dubes AS Ikut Safari Ramadhan

by
Dubes AS bersama peserta lomba Safari Ramadhan. (Foto diambil dari FB Miftah Sabban)

 

AMBON- Duta Besar (Dubes) Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia,  Mr. Robert O. Blake Jr. Jumat (10/6) melakukan  kunjungan kerja (Kunker) di Banda Naira  Kabupaten Maluku Tengah Provinsi  Maluku.

Loading…

Dalam Kunker di  Banda Naira,  Robert yang didampingi Konjen AS di Surabaya  itu menggelar  sejumlah agenda.  Diantaranya, Dubes mengikuti Safari Ramadhan, kerjasama Badan Eksekutif Mahasiswa  (BEM)  STKIP  dan STP Hatta-Sjahrir Banda Naira di Masjid Desa Merdeka. Kedatangan Robert dan  rombongan disambut warga setempat dengan Hadrat, tarian khas masyarakat Banda.

Dubes ikut menyaksikan  sejumlah lomba yang digelar di masjid itu, dalam rangkaian Safari Ramadhan. Robert menyimak  lomba Dai Cilik, Hafiz Al-Quran, lomba Adzan dan ikut memberikan hadiah bagi pemenangnya.

Selain itu, Robert juga mengikuti   ceramah agama yang disampaikan seorang ustad jelang berbuka puasa.  Robert pun terkesan dengan dunia Islam terutama  saat mendegar ceramah itu. Ia duduk diantara puluhan jamaah lainnya di dalam  masjid.

Setelah itu, Robert bersama warga dan mahasiswa buka bersama di  masjid tersebut, dengan mencicipi panganan berbuka khas Banda.

Penasehat BEM STKIP Hatta – Sjahrir Banda Naira, Miftah  Sabban  menyatakan, Safari Ramadhan yang digelar BEM kali ini berbeda dengan Ramadhan sebelumnya, karena tahun ini juga diikuti  Dubes AS.   “Dalam Safari Ramadhan  kali ini, Dubes AS juga ikut bersama kami. Ia menyaksikan sejumlah lomba dalam rangkaian Safari Ramadhan ini. Kunjungan Dubes AS, menjadi sebuah momentum berharga  tidak hanya bagi kami, tapi juga masyarakat Banda secara umum,” kata Miftah kepada Terasmaluku.com, Sabtu (11/6).

Ia berharap Robert dapat memahami tentang dunia Islam, penuh kedamaian, sehingga dapat menyampaikan ke negara asalnya.  Miftah menyatakan,sebelum mengikuti kegiatan Safari Ramadhan, Robert  juga memberikan kuliah umum kepada mahasiswa Hatta-Sjahrir. Dubes juga  menggelar pertemuan dengan  para nelayan di Banda Naira, untuk mengetahui kondisi nelayan di daerah itu.

Dalam kunjungan itu, Dubes menyatakan  terharu dengan pesona keindahan Banda Naira. Safari Ramadhan  ini juga  didukung  Rare Indonesia dan TWP Laut Banda.  “Kami berharap kunjungan Dubes AS ke Banda ini dapat memberikan nilai positif  bagi kemajuan Banda di semua sektor, juga kemajuan Maluku,” kata Miftah.  ADI