16 Kapal Disiapkan Untuk Angkutan Selama Ramadan Dan Lebaran di Tual

by
Kepala Kantor UPP Kelas II Tual Arifai

TERASMALUKU.COM,TUAL-Dalam rangka memastikan keamanan, kelayakan  angkutan laut  menjelang Bulan  Ramadan dan Hari Raya  Lebaran 2017, Kantor  Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas II Tual melakukan pemeriksaan atas kapal kapal angkutan yang beroperasi di wilayah itu.

Kepala Kantor UPP Kelas II Tual Arifai menyatakan, pemeriksaan ini  sesuai petunjuk Dirjen Perhubungan Laut. “Kami sudah dan terus melakukan pemeriksaan kelayakan dan keamanan kapal untuk melayani kebutuhan warga selama Ramadan dan Lebaran nanti. Untuk pemenuhan angkutan nanti, Kantor UPP  Tual saat ini ada  16 unit kapal yang siap melayani penumpang sesuai jadwalnya,” kata Arifai kepada wartawan  di Tual  akhir pekan kemarin.

Ia menyatakan, 16 unit  kapal tersebut diantaranya milik PT. Pelni, ASDP  dan Perintis. Kapal – kapal ini  rutin melayari  rute Tual, Maluku Tenggara, Kota Ambon   dan wilayah lainnya di Maluku termasuk ke Pulau Jawa untuk kapal pelni.

Loading...

Menurut Arifai, pihaknya memaksimalkan keamanan dan pengamanan di Pelabuhan Tual  selama Ramadan dan mudik Lebaran  nanti, yakni  berkoordinasi dengan KP3 bersama anggotanya guna siaga 1 kali 24 jam.

Arifai juga menegaskan, menghadapi cuaca buruk di Perairan Tual, Maluku Tengara, pihaknya akan mengawasi kapal – kapal yang akan berlayar dari Pelabuhan Tual. Jika cuaca tidak menghendaki pelayaran kapal, maka pihaknya  tidak memberikan izin berlayar  bagi kapal.

“Kami akan memberikan pengawasan ketat di pelabuhan, kalau cuaca buruk dan tidak memungkinan kapal berlayar, tentu kami tidak izinkan kapal berlayar. Masyarakat bisa menunda keberangkatan, hal ini untuk mengurangi resiko kecelakaan di laut,” katanya (AS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *