17 Januari, KPU Maluku Umumkan Hasil Tes Kesehatan Bakal Calon Gubernur Wakil Gubernur

by
KPU Maluku melakukan proses pendaftaran Bakal Basangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku mulai dari Senin (8/1) hingga Rabu (10/1). FOTO : DOK. (TERASMALUKU.COM)

TERASMALUKU.COM,-AMBON- Tiga Pasangan Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku selesai menjalani pemeriksaan kesehatan  di RSUD dr. Haulussy Ambon sejak Sabtu (13/1). Namun hasil tes kesehatan baru akan diumumkan KPU Maluku pada Rabu (17/1). Koordinator Divisi Teknis Komisioner KPU Maluku, La Alwi  mengungkapkan, hasil tes kesehatan diumumkan dengan hasil penelitian dokumen tiga bakal pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku.

“Dari jadwal  yang ada, hari ini, Selasa  (16/1) tim dokter akan menyampaikan hasil pemeriksaan kesehatan  ke KPU Provinsi maupun kabupaten/kota. Setelah itu, tanggal 17 sampai 18 Januari, KPU Maluku akan memberitahukan hasil penelitian administrasi, baik syarat pencalonan maupun syarat calon, bersamaan dengan hasil pemeriksaan kesehatan,” kata La Alwi saat dihubungi, Selasa (16/1).

Ia mengaku, hasil pemeriksaan kesehatan harus dilampirkan bersamaan dengan hasil penelitian administrasi masing-masing pasangan. Hal ini akan diumumkan secara bersamaan agar dapat diketahui bakal pasangan  calon tersebut apakah  memenuhi syarat atau tidak.  “Dalam dokumen hasil penelitian didalamnya itu juga tercantum hasil pemeriksaan kesehatan yang nantinya disampaikan secara bersamaan agar tidak bertabrakan,” katanya.

Sementara itu  Ketua KPU Maluku Syamsul Rivan Kubangun menyatakan, jika dari hasil pemeriksaan tersebut ada bakal calon yang tidak memenuhi syarat, maka bakal calon atau partai politik dan gabungan partai politik harus mengajukan calon pengganti. “Kalau tidak memenuhi syarat maka kepada bakal calon harus mengajukan calon pengganti karena tidak ada perbaikan pemeriksaan, hanya ada ada usulan pengganti,” katanya.

Seperti diketahui  tiga bakal pasangan  calon Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku yakni, pasangan  Said Assagaff- Andareas Retanubun, pasangan Murad Ismail – Barnabas Orno, dan  pasangan dari jalur perseorangan,  Herman Koedoeboen- Abdullah Vanath menjalani serangkaian pemeriksaan kesehatan di RSUD dr. Haulussy Ambon sejak 11 sampai 13 Januari 2018. Pemeriksaan kesehatan  ini untuk memenuhi syarat calon yang harus sehat jasmani, rohani dan bebas narkotika. (IAN)