18 Juni Debat Kandidat Putaran Kedua Pilwakot Tual

18 Juni Debat Kandidat Putaran Kedua Pilwakot Tual

SHARE
Tiga pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Tual menyampaikan visi misi dalam debat perdana yang digelar KPU Kota Tual, Selasa (24/4) malam di Gedung LPTQ Dumar. FOTO : (TERASMALUKU.COM)

TERASMALUKU.COM,TUAL-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tual menetapkan debat publik putaran kedua bagi pasangan calon (Paslon) Walikota dan Wakil Walikota dalam Pilwakot Tual digelar tanggal 18 Juni 2018. Padahal sebelumnya dijadwalkan debat putaran kedua digelar Selasa, 15 Mei 2018.

“Kami menunda pelaksanaan debat publik putaran kedua pada tanggal 15 Mei karena waktunya bertepatan dengan awal bulan puasa. Dan debat publik putaran kedua diputuskan pada 18 Juni 2018 nanti, ” kata Ketua KPU Kota Tual, Ibrahim Faqih di Tual, Selasa (8/5/2018).

BACA JUGA : KPU Tual Gelar Debat Kandidat Perdana, Ini Visi Misi Tiga Calon Walikota Dan Wakil Walikota

Ia mengatakan,KPU Kota Tual sudah mengevaluasi pelaksanaan debat kandidat putaran pertama. Dan dalam debat kandidat putaran kedua nanti akan lebih baik lagi. KPU berharap tiga Paslon memanfaatkan momentum debat kandidat putaran kedua ini secara baik sehingga publik bisa mengetahui lebih mendalam lagi visi dan misi terta program yang akan dilakukan Paslon jika terpilih dalam Pilkada 27 Juni 2018.

Debat publik, lanjut Faqih, merupakan bagian dari tahapan kampanye Paslon Pilkada langsung sesuai dengan Peraturan KPU yang mengatur tentang kampanye pemilihan kepala daerah. Dalam Peraturan KPU itu disebutkan debat publik, debat kandidat atau debat terbuka diselenggarakan paling banyak tiga kali dalam masa kampanye.

Selain melaksanakan pemilihan umum kepala daerah secara serentak, menurut Faqih, KPU Kota Tual juga saat ini melaksanakan tahapan pemilihan Presiden dan Pemilihan Legislatif (Pileg) tahun 2019, sehingga dalam pelaksanaannya membutuhkan perhatian yang harus bersinergi dengan jadwal dan tahapannya baik Pilkada maupun Pileg. (AS)

loading...