2017 Dispenda  Kota Ambon Maksimalkan Pajak Parkir dan Rumah Makan

by

AMBON-Dinas Pendapatan (Dispenda) Kota Ambon di  tahun 2017 akan lebih meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Peningkatan itu dilakukan dengan cara lebih memaksimalkan objek pajak yang ada di Kota Ambon. Kepala Dispenda Kota Ambon Jopie Silanno saat ditemui, Jumat (23/12) menyatakan,  untuk PAD khususnya pajak di tahun 2017 akan lebih dimaksimalkan dan ditingkatkan dari tahun sebelumnya.

“Dari sembilan pajak daerah yang akan lebih dimaksimalkan yakni pajak parkiran dan pajak restoran,” kata Silanno. Lanjut Silanno, pajak tersebut dinilai belum maksimal. Olehnya itu pihaknya akan lebih memaksimalkan objek-objek pajak tersebut dengan melakukan pengawasan yang lebih optimal.  Ia mengatakan untuk pajak restoran dan rumah makan akan dilakukan pengawasan dengan menggunakan alat perekam transaksi  (Tapping Box)  yang ditaruh di restoran, rumah makan dan tempat hiburan yang ada di Kota Ambon.

“Kita berharap untuk masyarakat agar melalukan pembayaraan dengan menggunakan Tapping Box. Sehingga seluruh sisitim pajak bisa lebih dioptimalkan.” harapnya. Ia menyebutkan, di tahun 2017 pihaknya akan menambah sekitar 50 buah tapping box yang akan ditaruh di restoran, rumah makan dan tempat hiburan.

Namun hanya difokuskan di tempat hiburan yang pusatnya di Jakarta. Kedepan, kata Silanno, seluruh pembayaran pajak daerah akan dilakukan langsung melalui bank. “Sehingga tidak bersentuhan langsung dengan petugas pajak. Hal ini adalah bentuk upaya-upaya untuk lebih memaksimalkan pajak yang ada. Sebab, pemerintah tidak mungkin untuk menambah pajak lagi di Kota Ambon,” katanya. (IAN)