2019 Dikbud Siap Jawab Problem Pendidikan Daerah 3T di Maluku

by
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Maluku M. Saleh Thio memberikan penghormatan saat upacara bendera memperingati Hari Pendidikan Nasional, 2 Mei 2018 di Halaman Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Maluku, Selasa (2/5/2018).

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Maluku pada 2019 akan berupaya mengatasi keterbatasan pendidikan di daerah-daerah Tertinggal, Terdepan dan Terluar (3T) di Provinsi Maluku. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Maluku M. Saleh Thio mengungkapkan pihaknya akan meningkatkan pendidikan di wilayah 3T yang selama ini menjadi masalah pendidikan Maluku.

“Tentu kita meningkatkan pendidikan, dan mengatasi keterbatasan di daerah serta menjawab problem-problem khususnya di daerah 3T. Sebab, selama ini mereka kurang disentuh. Kita perluh meningkatkan pendidikan di Maluku untuk memiliki daya saing yang luar biasa bermanfaat, khususnya daerah ini dan kepentingan bangsa dan negara. Kita juga perluh memajukan kebudayaan kita. Budaya merupakan salah satu bentuk karakter kita karena pendidikan dan budaya harus ditopang bersama,” kata Thio usai upacara Hari Pendidikan Nasional di pelataran Kantor Dikbud Maluku Rabu (2/5).

Loading...

Menurut Thio pada 2017-2018 pihaknya telah memberikan bantuan dari pemerintah pusat kepada sebelas kabupaten dan kota di Maluku. Memang diakui bantuan pendidikan itu belum maksimal dan menyasar ke semua SMA/SMK hingga SD. “Meskipun bantuan tersebut tidak dirasakan oleh semua sekolah. Namun Kita harus beterima kasih dan bersukur,”ujar Thio.

Ia juga mengatakan terdapat program khusus bagi para guru di dartah 3T. Yakni dengan melakukan penguatan-penguatan kapasitas dan kualitas yang terus ditingkatkan. Meskipun jumlahnya belum maksimal. Pada 2017-2018 pihaknya telah memberikan bantuan dari pemerintah pusat kepada sebelas kabupaten dan  kota  di Maluku. Memang diakui bantuan itu belum maksimal dan menyasar ke semua SMA/SMK hingga SD.

“Meskipun bantuan tersebut tidak dirasakan oleh semua sekolah. Namun Kita harus beterima kasih dan bersukur,”kata Thio. Terdapat program khusus untuk para guru di dartah 3T. Yakni dengan melakukan pengutan-pengutan kapasitas dan kualitas yang terus tingkatkan. Meskipun jumlahnya belum maksimal. (UAD)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *