2019, Pemkab SBB Tingkatkan Pelatihan Kelompok Industri Kreatif

by
Bupati SBB M. Yasin Payapo meninjau lokasi penyulingan Beras Gempa di Desa Waimital Kecamatan Kairatu Kabupaten SBB, Sabtu (6/10/2018). FOTO : FADLI (TERASMALUKU.COM)

TERASMALUKU.COM,-PIRU-Dinas Perindustrian Perdagangan dan Tenaga Kerja Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seram Bagian Barat (SBB)  melakukan pemetaan dan langkah-langkah untuk  menyiapkan industri kreatif yang memiliki kompetensi.

Pemerintah daerah akan meningkatkan mutu prodak  kelompok usaha kreatif dan   sumber daya manusia (SDM) kelompok usaha itu sendiri.  Sehingga dengan demikian dapat mendorong berkembangnya usaha sektor industri kreatif bidang  perikanan dan pertanian yang menjadi keunggulan Kabupaten SBB.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Tenaga Kerja Kabupaten SBB Solemang Kibas mengungkapkan hal itu di ruang kerjanya,  Rabu (6/3/2019).  Menurut Kibas,  dalam rangka meningkatkan mutu produksi  dan kualitas SDM kelompok usaha, Tahun 2019 ini pihaknya telah menyiapkan pelatihan yang dikhususkan pada  kelompok  industri kreatif.

Menurut dia, hal itu dilakukan karena melihat perkembangan industri  perikanan dan pertanian di Kabupaten SBB makin berkembang  sehingga perlu disiapkan SDM yang memadai. “Nanti di Tahun 2019 kita akan lakukan pelatihan bagi kelompok usaha di bidang industri  baik   sektor perikanan maupun pertanian. Misalnya pelatihan pengelola industri Ikan Abon, Kerepek dan usaha lainnya agar mereka makin berkembang lagi,” kata Kibas.

Kibas berharap kepada masyarakat, kelompok usaha kreatif  agar aktif ikut dalam setiap program yang disiapkan Pemkab SBB dalam mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat dari sektor industri dan perdagangan.”Pelatihan ini adalah usaha Pemkab SBB untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat  dan dapat mendongkat penurunanan angka kemiskinan,” ujar Kibas.

Menurut Kibas, industri kreatif seperti pertanian dan perikanan memiliki potensi ekonomi yang cukup besar. Di sejumlah daerah,  pendapatan industri kreatifnya bahkan bisa lebih besar dibanding dengan sektor lainnya. “Industri kreatif di sejumlah daerah  dapat berkontribusi terhadap pendapatan masyarakat dan daerah yang cukup besar. Dan di  Kabupaten SBB potensi itu cukup besar terutama di bidang pertanian dan perikanan. Karena itu kami,  pemerintah   akan mendorong pengembangan industri tersebut diantaranya dengan pelatihan-pelatihan,” kata Kibas. (FADLI)

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *