232 Pesilat Bertanding Di Kejuaraan Pencak Silat Maluku

by
Ketua Pencak Silat Maluku Yusuf Walla memberikan sambutan pembukaan turnamen pencak silat di GOR Unpatti Ambon, Kamis (18/10/2018). FOTO : ALFIAN (TERASMALUKU.COM

TERASMALUKU.COMAMBON-Ratusan pesilat dari Maluku bertanding dalam kejuaraan pencak silat kategori usia dini, pra remaja dan remaja yang digelar pengurus Ikatan Pencak Silat Provinsi Maluku di Gedung Olahraga Universitas Patimura Ambon, Kamis (18/10/2018). Kejuaraan digelat untuk mencari bibit pesilat aga mewakili Maluku di ajang nasional nanti.

Ketua Harian Ikatan Pencak Silat Indonesia Provinsi Maluku Yusuf Wally kepada wartawan mengatakan, kejuaraan yang dilakukan ini untuk bisa melihat bibit-bibit baru dalam pencak silat di Maluku.”Mereka adalah bibit baru yang akan dilahirkan untuk Maluku kedepan, kejuaraan hari ini untuk menjadi motivasi agar bisa bangkit,” katanya.

Ia menyebutkan, dalam kejuaraan ini yang ikut sebanyak 232 pesilat, diantaranya usia dini untuk putra 30 orang, putri 21 orang pesilat, sedangkan untuk kategori pra remaja dengan jumlah pesilat putra sebanyak 43 orang, putri 22 orang pesilat.

Loading...

Sementara untuk kategori remaja putra sebanyak 73 orang dan untuk putri sebanyak 43 orang pesilat.”Seluruh pesilat akan bertanding dengan sportif agar Maluku bisa mengangkang oralahraga silat kedepannya,” ujar Yusuf.

Yusuf mengatakan, pesilat yang menang dalam kejuaraan ini akan dilatih kembali untuk dipersilakan dalam ajang lomba yang lebih besar lagi.”Setelah menang kita serahkan di perguruan masing-masing untuk dilatih kembali, sebab kalau ada event nasional tinggal tinggal ambil saja untuk ikut,” jelasnya.

Yusuf menambahkan, pemerintah harus bisa memperhatikan pencak silat di Maluku khususnya Kota Ambon. “Saya berharap anggaran untuk pencak silat harus masuk dalam APBD agar bisa berkembang, Pemerintah Maluku dan Kota Ambon harus melihat ini, sebab silat juga penyumbang emas terbanyak dalam Asian Games 2018 kemarin,” katanya. (IAN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *