236 Spesimen Swab Penumpang KM. Sabuk Nusantara Dibawa Ke Ambon

by
KM. Sabuk Nusantara 34 sandar di Pelabuhan Yos Sudarso, Saumlaki, KKT, Sabtu 14 Agustus lalu dan dilakukan penyemprotan disinfektan oleh Satuan Brimob Kompi 3 Batalyon Pelopor Polda Maluku. (Foto: Istimewa)

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT), Andre Kurniawan mengatakan tim medis telah mengambil spesimen swab dari 236 penumpang KM. Sabuk Nusantara 34 yang tengah berlabuh di Pelabuhan Ferry Kota Saumlaki, KKT.

BACA JUGA : Sempat Tertahan di Kapal, 147 Penumpang Akhirnya Dievakuasi ke Kota Saumlaki

Spesimen swab penumpang ini diambil menyusul satu orang penumpang inisial AS dari Pelabuhan Yos Sudarso Ambon tujuan Saumlaki dinyatakan positif covid-19 berdasarkan hasil pemeriksaan swab di Kota Ambon.

Spesimen swab penumpang tersebut kata Kurniawan telah dibawa ke Ambon dengan menggunakan pesawat Jumat (4/9/2020) diperiksa untuk memastikan apakah positif atau negatif covid-19. “Pengambilan spesimen swab sudah dilakukan, dan hari ini semua sudah dibawa petugas dari Provinsi Maluku ke Ambon,”jelas Andre saat dikonfirmasi via seluler Jumat (4/9/2020).

Loading...

Selama dua hari petugas medis yang didatangkan dari Kota Ambon oleh Gugus Tugas Covid-19 Maluku ini mengambil spesimen swab para penumpang KM. Sabuk Nusantara 34. Para penumpang kapal bersam AS, yang terkonfirmasi positif covid-19 naik dari Pelabuhan Ambon pada 24 Agustus 2020.

“Dari total 248 penumpang, 236 sudah diambil spesimen swab. Sementara informasi dari komprador KM. Sabuk Nusantara 34, ada 12 orang yang tidak melanjutkan perjalanan ke Kota Saumlaki. 4 orang turun di Larat dan 8 orang turun di Tual tanpa sepengetahuan pihak kapal,”terangnya.

Saat ini para penumpang KM. Sabuk Nusantara 34 ini masih berada di kapal, mereka tidak diizinkan turun sebelum ada hasil swab yang dikirim ke Ambon itu diperoleh. “Setelah hasil pemeriksaan spesimen swab keluar, baru bisa ditentukan langkah selanjutnya,”sambungnya.

Sehari sebelumnya saat dikonfirmasi, Kurniawan mengatakan, hasil pemeriksaan swab penumpang kapal itu diharapkan bisa diketahui pada 7 September mendatang, sehingga ada langkah selanjutnya. Bila negatif bisa langsung pulang ke rumah, dan kalau ada yang positif kita harus karantina mereka,” kata Andre.

Sementara untuk penumpang inisial AS yang dinyatakan positif covid-19, kata Andre  Kurniawan telah diturunkan dari kapal dan diisiloasi di Puskesmas Lorulun. (Ruzady Adjis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *