3.230 Vial Vaksin Sinovac Untuk Vaksinasi Gelombang II Tiba di Ambon

by
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku, dr. Adonia Rerung. Foto : Terasmaluku.com

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Sebanyak 3.230 Vial Vaksin Sinovac untuk Maluku tiba di Ambon Kamis (25/2/2021).

Saat ini ribuan vaksin buatan sinovac ini telah diamankan di Instalasi Farmasi dinas Kesehatan Provinsi Maluku di kawasan Karang Panjang, Ambon.

Vaksin tambahan ini bakal digunakan untuk Vaksinasi Gelombang II. “Iya tadi pagi sudah tiba 3.230 vial untuk tahap kedua (gelombang kedua),”jelas Juru Bicara satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku, dr. Adonia Rerung menjawab terasmaluku.com via seluler Kamis sore.

Sasaran Vaksinasi Gelombang II ini lanjut Rerung adalah petugas-petugas pelayanan publik seperti Guru, TNI/Polri termasuk lansia dan wartawan.

Lebih jauh dijelaskannya, satu vial vaksin tambahan ini bisa digunakan menyuntik 10 orang, berbeda dengan sebelumnya dimana satu vial hanya bisa disuntik untuk satu orang.

Sehingga jika dikalikan 3.230 vial, maka vaksin bisa disuntikkan kepada 32.300 orang.

“Satu vial bisa menyuntik 10 orang. Sengaja kemasan dibuat demikian (satu vial vaksin bisa disuntikkan kepada 10 orang) untuk mempermudah karena wilayah kita wilayah kepulauan maka seperti itu dikemasnya supaya praktis,”sambungnya.

Namun kapan akan didistribusikan ke kabupaten/kota dan vaksinasi gelobang II bisa dilaksanakan kata Rerung menambahkan masih menunggu hasil rapat Satgas Penanganan Covid-19 Maluku terlebih dahulu. (Ruzady)