300 Liter Sopi Dimusnahkan di Teluk Ambon

by
Pemusnahan Miras di depan Mapolsek Teluk Ambon, Rabu (29/11). FOTO : DOK.PENREM 151 BINAIYA

TERASMALUKU.COM,-AMBON- Sebanyak 300 liter minuman keras (miras) tradisional jenis  sopi hasil sitaan dimusnahkan dalam kegiatan Tiga Pilar Kamtibmas yang digelar di Polsek Teluk Ambon, Rabu (29/11). Miras – miras tersebut dibuang di selokan air depan Mapolsek.

Kegiatan tersebut terlaksana berkat sinergitas antara Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) Kecamatan Teluk Ambon, Polsek dan Koramil setempat, yang mana bertujuan untuk mencegah terjadinya tindak kriminalitas di wilayah Kota Ambon.

Loading…

Tiga Pilar Kamtibmas merupakan salah satu program Kepolisian Republik Indonesia yang melibatkan Bintara Pembina Desa (Babinsa), Bhabinkamtibmas dan Kepala Desa. Tiga komponen tersebut tidak dapat dipisahkan dalam menjaga dan memelihara keamanan dan ketertiban di masyarakat.

Dalam pelaksanaannya Tiga Pilar Kamtibmas mengemban fungsi sebagai basis deteksi dini, basis solusi dan gakkum, sehingga permasalahan Ideologi, Politik, Ekonomi, Sosial dan Budaya yang terjadi di wilayah tingkat desa harus dapat diselesaikan dengan adil, tepat dan tuntas.

Bintara Tinggi Tuud Komando Rayon Militer (Koramil) 1504-01/Sirimau, Komando Distrik Militer (Kodim) 1504/Ambon, dalam sambutannya pada acara itu mengatakan, semua pihak harus saling menjaga kerukunan dan  keamanan di setiap daerahnya. “Kita harus selalu saling menjaga kerukunan antar umat beragama, peran serta dan pro aktif para tokoh masyarakat di wilayah sangat diperlukan untuk menghindari provokasi yang akan menghancurkan tatanan kehidupan bermasyarakat,”katanya.

Sementara itu Camat Teluk Ambon menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat untuk menghindari Miras karena mengakibatkan terjadinya perkelahian antar kelompok di Desa. Hal senada juga disampaikan Kapolsek Teluk Ambon, Iptu Mega Maruwanaya. Ia  menyampaikan, kondisi wilayah hukum di wilayah Kecamatan  Teluk Ambon akhir-akhir ini sering terjadi kriminal hal tersebut disebabkan oleh miras. “Untuk itu miras harus dibasmi dan dimusnahkan,”katanya.

Turut hadir dalam kegiatan Tiga Pilar tersebut para Raja Teluk Ambon, Kades dan Lurah Kecamatan Teluk Ambon, tokoh agama, tokoh masyarakat, Ketua koordinator angkutan warna merah, J. Martin serta tamu undangan. Pada acara tersebut para tokoh agama, tokoh masyarakat dan pemuda juga menyampaikan inspirasinya, yang intinya penolakan radikalisme di wilayah Kecamatan Teluk Ambon, basmi miras yang beredar di masyarakat dan penertiban Angkutan Kota (angkot) maupun kendaraan bermotor yang tidak sesuai aturan.  Di akhir acara dilanjutkan dengan makan patita.(IAN)