31 Nakes Positif Covid-19, RSUD Saparua Tetap Dibuka

by
FOTO : ISTIMEWA

TERASMALUKU.COM,-AMBON– Sebanyak 31 orang Tenaga Kesehatan (Nakes) yang bertugas di Rumah Sakit Daerah (RSUD) Saparua, Kabupaten Maluku Tengah, terpapar Covid-19.

Puluhan Nakes dinyatakan positif Covid-19 berdasarkan hasil pemeriksaan swab PCR yang diterima pada Senin (5/7/2021) dan Selasa (6/7/2021).

Kepala RSUD Saparua, dr. Vita Nikijuluw, yang dikonfirmasi dari Ambon mengaku kaget dengan hasil tersebut.

“Hari Senin (5/7/2021) itu ada 27 orang positif. Dan kemarin ada 4 orang positif. Dan nanti besok ada 9 orang lagi yang hasilnya akan keluar,” kata dr. Vita kepada Terasmaluku.com, Rabu (7/7/2021) tengah malam.

Vita mengaku, pada akhir Juni 2021, pihaknya baru melakukan pemeriksaan rapid antigen. Hasilnya, semuanya negatif.

“Pemeriksaan swab PCR ini dilakukan atas inisiatif kami dan hasilnya mengagetkan,” ungkap Vita yang mengaku hasil swab PCR-nya negatif.

Beruntung, kata Vita, dari 31 nakes yang dinyatakan positif Covid-19 tidak ada yang mengalami gejala berat. Hanya dua orang yang memiliki gejala sedang dan kini menjalani isolasi mandiri.

“Kita semua sudah disuntik vaksin sejak awal vaksinasi Covid-19 diberlakukan,” tambahnya.

Meski sebanyak 31 orang Nakes terpapar corona, namun kata Vita, RSUD Saparua sampai saat ini masih terus membuka pelayanan alias tidak ditutup.

“Rumah sakit tidak tutup, masih tetap melakukan pelayanan, namun kami lakukan di pos pejagaan, sambil menunggu sterilisasi ruangan,” jelasnya.

Ia mengatakan, rencananya pihaknya akan membuka beberapa ruangan pada Jumat (9/7/2021) nanti. Ruangan pelayanan yang akan dibuka tersebut sesuai dengan jumlah nakes yang tidak tertular Covid-19.

“Ada 2 dokter yang tetap melayani pasien, salah satunya Beta (saya) sendiri. Karena hasil swab Beta negatif dan ada 1 dokter lagi yaitu dr. Theo. Kami berdua jaga bergantian setiap 12 jam,” tandasnya. (HUS)