345 Personil TNI-Polri Amankan Rekapitulasi Penghitungan Suara Pilgub di KPU Maluku

345 Personil TNI-Polri Amankan Rekapitulasi Penghitungan Suara Pilgub di KPU Maluku

SHARE
Anggota Brimob Polda Maluku bersenjata lengkap disiagakan di depan pintu masuk aula Kantor KPU Maluku, lokasi rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara tingkat Provinsi Maluku dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku Senin (9/7/2018). FOTO : (TERASMALUKU.COM)

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Kepolisian Daerah (Polda) Maluku mengerahkan  ratusan personil gabungan dari  Polda Maluku serta dibantu TNI untuk pengamanan rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara tingkat Provinsi Maluku dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku sejak Sabtu (7/7/2018) hingga Senin (9/7/2018).

“Kita terjunkan sebanyak 345 personil gabungan dari TNI dan Polri di Kantor KPU Maluku dalam rangka pengamanan rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat provinsi,” kata Kabid Humas Polda Maluku Kombes Pol Muhammad Roem Ohoirat kepada wartawan di Kantor KPU Maluku, Senin (9/7/2018).

Ohoirat mengatakan, dalam proses pengamanan rapat pleno perhitungan ini, penjagaan dibagi dalam tiga ring. Yakni ring yang berada di dalam ruangan penghitungan suara, ring di halaman Kantor KPU Maluku dan yang berada di luar gedung kantor.”Yang di dalam ruangan itu ada 68 personil, kemudian yang di halaman Kantor KPU itu ada 38 personil, dan sisanya itu berada di luar kantor,” katanya.

Ia mengatakan, untuk  ring yang berada di luar gedung KPU Maluku berasal dari PHH Brimob, Sabhara Polda Maluku dan TNI untuk pengamanan di luar gedung. Hal tersebut untuk mencegah kejadian yang tidak diinginkan.

Ohoirat berharap, tidak ada euforia dari masyarakat terhadap kemenangan salah satu pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku yang memenangkan pemilihan dalam proses perhitungan di KPU Maluku.

“Kita berharap tidak ada konvoi,” kata Ohoirat. Namun, ia menambahkan, jika terjadi konvoi dari masyarakat Kota Ambon, maka pihaknya tetap akan melakukan pengamanan terhadap konvoi yang dilakukan oleh masa tersebut.(IAN)

loading...