35 Dewan DPRD Kota Ambon Dilantik, Dan Harapan Gubernur

by
Ketua PN Ambon mengambil sumpah dan melantik 35 anggota DPRD Kota Ambon dalam rapat paripurna istimewa di DPRD Kota Ambon, Rabu (11/9/2019). FOTO : ALFIAN

TERASMALUKU.COM,AMBON,-Sebanyak 35 anggota DPRD Kota Ambon terpilih dilantik dalam rapat paripurna pengucapan sumpah janji anggota DPRD Kota Ambon masa jabatan 2019-2024 di ruang sidang utama DPRD Kota Ambon, Rabu (11/9/2019). Pelantikan dan pengucapan sumpah dipimpin Ketua Pengadilan Negeri Ambon.

Pelantikan anggota DPRD sesuai surat keputusan (SK) Gubernur Maluku nomor 174 tahun 2019 tentang peresmian pemberhentian anggota DPRD Kota Ambon masa jabatan 2014-2019 dan SK Gubernur Maluku nomor 175 tahun 2019 tentang peresmian pengangkatan anggota DPRD Kota Ambon masa jabatan 2019-2024.

Gubenur Maluku Murad Ismail dalam sambutannya yang dibacakan Walikota Ambon, Richard Louhenapessy menyampaikan apresiasi kepada seluruh rakyat Kota Ambon yang telah menggunakan hak konstitusionalnya secara benar dan bertanggung jawab.”Saya juga ucapkan terima kasih kepada kepada penyelenggara, pengawas pemilu, partai-partai politik serta unsur keamanan dari TNI/Polri, karena telah menciptakan pemilu yang demokratis lancar dan damai,” katanya.

Menurutnya, pembagian kekuasaan pada struktur pemerintahan adalah hal yang sangat penting dan vital, karena menjaga dan menjamin tegaknya demokrasi yang utuh di tangan rakyat. Sehingga, anggota DPRD yang baru dilantik adalah pemimpin yang dianggap layak dan pantas sebagai wakil rakyat, karena telah terseleksi secara alamiah oleh pemegang kedaulatan yakni rakyat Kota Ambon.

loading...

Itulah sebabnya, kata Murad, komposisi yang terbentuk saat ini memperlihatkan variasi sejumlah wajah baru dan wajah lama yang punya segudang pengalaman. “Bagi saya ini sesuatu yang sangat postif, karena ini sebuah rekrutmen politik yang berlangsung dalam konstestasi berdemokrasi yang sehat,” ujarnya.

Murad juga mengaku, dalam perhelatan pemilu legislatif lalu, ada kecenderungan terjadinya ketegangan antar sesama anak negeri karena perbedaan politik. “Sehingga dengan pelantikan ini semua harus segera diakhiri. Apapun juga adanya setiap konstestasi akan berujung pada sukses ataupun tidak, itu sesuatu yang lumrah,” kata Murad.

Dia juga meminta kepada anggota DPRD yang terpilih ini hendaknya turut berupaya mewujudkan pemerintahan yang bersih, berwibawa dan kuat. (ALFIAN SANUSI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *