BPS : Ekonomi Maluku Mengalami Pertumbuhan Positif

by

AMBON- Pertumbuhan ekonomi di Maluku tahun 2016 berada pada  5,6 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Ekonomi Maluku juga mengalami pertumbuhan positif. Hal ini diukur berdasarkan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) atas dasar harga berlaku mencapai Rp 37,06 triliun.

“Perekonomian Maluku tahun 2016 tumbuh 5,76 persen. Pertumbuhan terjadi pada hampir seluruh kategori. Jasa keuangan dan Asuransi merupakan kategori yang mengalami kategori tertinggi sebesar 9,22 persen diikuti oleh kategori pengadaan listrik dan gas sebesar 8,35 persen dan kategori jasa pendidikan sebesar 7,97 persen,” kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Maluku Dumangar Hutauruk dalam Realese yang disampaikan di Ambon, Senin (6/2).

Loading...

Menurut Hutauruk,  struktur lapangan usaha tahun 2016 masih didominasi oleh 3 kategori utama yaitu pertanian, kehutanan, dan perikanan 23,87 persen, administrasi pemerintah, pertahanan dan jaminan sosial wajib 22,43 persen dan perdagangan besar-eceran dan sepeda motor 13,18 persen. “Bila dilihat dari Source of Growth (SOG) ekonomi Maluku tahun 2016 , kategori administrasi Pemerintah, pertahanan dan jaminan sosial wajib memiliki sumber pertumbuhan tertinggi dibandingkan yang lain,” katanya.

Ia menyatakan, ekonomi Maluku triwulan IV-2106 mengalami pertumbuhan positif 3,49 persen bila dibandingkan dengam triwulan sebelumnya. Ini disebabkan adanya pengaruh penyerapan APBN dan APBD. Dari segi pengeluaran, menurut Hutauruk, pertumbuhan ekonomi Maluku tahun 2016 sebesar 5,76 persen dimana pertumbuhan positif terjadi pada hampir seluruh komponen. “Komponen yang mengalami pertumbuhan tertinggi sebesar 8,33 persen,” katanya. (IAN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *