40 Prajurit Kodam Pattimura Dikirim ke Lebanon

by
Pangdam 16 Pattimura melepas 40 prajurit Kodam Pattimura untuk menggelar operasi kemanusian di Lebanon, Sabtu (2/12). FOTO : PENDAM 16 PATTIMURA

TERASMALUKU.COM,-AMBON– Sebanyak 40 personil Kodam 16 Pattimura dikirim ke Lebanon,  melaksanakan Tugas Operasi  Satgas TNI Konga UNIFIL dan Satgas Yon Mekanis TNI Konga XXIII-L/UNIFIL Lebanon Tahun 2017.  Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) 16 Pattimura Mayjen TNI Suko Pranoto memimpin  pelepasan 40 personil Kodam 16 Pattimura itu di Lapangan Parkir Bandara International Pattimura Ambon, Sabtu (2/12).

Prajurit Kodam Pattimura ini akan menjalankan  tugas operasi pemeliharaan Perdamain dunia (OPPD) di Lebanon. Dalam sambutannya, Pangdam menyampaikan  selamat bertugas kepada seluruh prajurit yang tergabung dalam pasukan Garuda sebagai misi Peace Keeping Operation, semoga dapat menjalankan tugas ini dengan sebaik – baiknya serta dengan penuh rasa tanggungjawab.

“Kalian adalah prajurit – prajurit terbaik Kodam 16 Pattimura yang terpilih untuk melaksanakan tugas mulia ini, laksanakan tugas ini dengan penuh rasa tanggung jawab,” tegas Pangadam  dalam keterangan pers Penerangan Kodam 16 Pattimura.

“Satgas Garuda selalu menjadi yang terbaik dalam pelaksanaan tugas PBB. Untuk itu, selalu persiapkan segala sesuatunya dengan baik melalui latihan yang terukur serta jangan ragu – ragu dalam bertindak dalam setiap pelaksanaan tugas”, kata Pangdam lagi.

Pangdam mengatakan, dalam tugas nanti, prajurit Kodam Pattimura  harus melaksanakan pembinaan teretorial serta perhatikan faktor keamanan dan usahakan untuk saling melindungi sesama rekan. “Yakinlah bahwa keluarga yang ditinggalkan akan selalu baik – baik disini,”katanya.

Pelepasan pasukan ini  juga dihadiri Kasdam 16 Pattimura Brigjen TNI Tri Soewandono, Irdam 16 Pattimura Kolonel Inf Agus Arif Fadila, Danrem 151/ Binaiya Koloel Inf Cristian Kurnianto Tehuteru, serta sejumlah pejabat Kodam. Para prajurit langsung diterbangkan ke Jakarta dan selanjutkan terbangkan ke Lebanon.

Acara ini sangat mengesankan, Pangdam memberikan pengalungan kain tenun kepada para anggota Satgas didampingi istri dan dilanjutkan dengan pemberian ucapan selamat oleh Pangdam dan para pejabat Kodam lainnya. “Ini merupakan kebangaan bagi keluarga karena tugas ini merupakan tugas mulia yang dijalankan prajurit dalam mengemban tugas bangsa dan Negara dalam Misi PBB,” tutur Pangdam. (ADI)