49 CCTV Siap Pantau Pelanggaran di Jalan Kota Ambon

by
Citra tangkapan CCTV di lampu merah depan Polsek Sirimau, Kota Ambon menunjukkan pengendara yang tidak mengenakan helm, Rabu (19/2/2020). FOTO: Humas Polda Maluku

TERASMALUKU.COM,AMBON, – Mulai hari ini, Rabu (19/2/2020) warga Kota Ambon harus lebih berhati-hati dalam berkendara. Pasalnya 49 Closed Circuit Television atau CCTV terpasang di perempatan atau titik lampu merah dan sejumlah sudut di kota. Pemasangan itu tak lain untuk memantau pelanggaran berlalu lintas dan tindak kriminal lalin di jalan.

Meski baru berupa uji coba, di hari pertama ini sudah banyak pelanggaran yang terekam jelas di CCTV. Plat nomor hingga wajah pengendara pun tampak jernih terlihat. Bayangkan saja jika itu adalah anda yang kebetulan tidak memakai helm, siap-siap wajah anda tertangkap kamera.

Pengendara sepeda motor tidak menggunakan helem terpantau CCTV di kawasan Trikora Ambon, Rabu (19/2/2020). FOTO : HUMAS POLDA MALUKU

 

Kabid Humas Polda Maluku, Kombe Pol M. Roem Ohoirat saat ditanya mengenai hal itu membenarkan tentang pemasangan CCTV. Kamera pengintai ini terbilang baru dan hampir tak ada warga yang mengetahuinya. “Hari ini mulai uji coba, kami tempatkan di sejumlah titik untuk pantau pelanggaran dan tindak kriminalitas lalu lintas di Kota Ambon, ,” jelas Roem di ruangannya Rabu siang.

loading...

Beberapa lokasi diantaranya dekat pusat perbelanjaan, daerah rawan konflik seperti di Kuda Mati dan Air Salobar. Sejumlah tindak kejahatan dan kriminalitas terjadi di lokasi-lokasi itu dan tidak sempat terekam. Keberadaan kamera itu dimaksud untuk memudahkan pihak berwenang dalam menindak pelaku juga kejahatan.

Hingga Rabu sore ini, di beberapa lampu merah masih ada pengendara yang kebabalasan. Seperti di kawasan lampu merah depan Polsek Sirimau dan Tugu Trikora Ambon, pengendara melewati garis di lampu merah atau melaju meski lampu sudah berubah merah. “Ini masih tahap uji coba belum tahu sampai kapan,” tambah Roem.

Mungkin saja jika metode ini diterapkan setiap pelanggar lalin akan menerima surat tilang langsung ke rumah berserta bukti rekaman dari pihak kepolisian. (PRISKA BIRAHY)

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *