50 Kelompok Tani Terima Bantuan Kembangkan Kebun Hidroponik

by
ilustrasi. suara.com

TERASMALUKU.COM, AMBON – Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Maluku mendorong kelompok petani di Ambon kembangkan kebun hidroponik. Langkah ini dilakukan untuk menjaga ketahanan pangan ditengah pandemi covid-19 yang kini mewabah.

Dikatakan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Maluku, Luthfi Rumbia, setidaknya ada 50 kelompok petani di Ambon yang akan diberikan bantuan untuk kembangkan kebun hidroponik ini.

Masing-masing kelompok, kata Rumbia, akan mendapatkan kucuran dana dari Dinas Ketahanan Pangan sebesar Rp. 10 Juta sesuai perhitungan kebutuhan.

Dana itu lanjut Rumbia, akan digunakan untuk membeli perangkat hidroponik hingga bibit sayur-sayuran yang akan ditanam nantinya.

Loading...

Pihaknya juga memberikan pendampingan kepada kelompok tani tentang bagaimana membuat administrasi, membuka rekening bank hingga tata cara berkebun hidroponik.

Apalagi bantuan ini akan langsung ditransfer ke rekning kelompok tani. “Sekarang kita lagi proses administrasinya karena kita akan berikan bantuan uang untuk beli segala macam,”jelasnya kepada awak media di kantor Gubernur Maluku, Ambon, Selasa (8/9/2020).

Tidak hanya itu saja, pihaknya juga melakukan kroscek lapangan untuk memastikan bahwa calon petani dan lahan itu bebar-benar ada. “Harus ketemu dengan kelompoknya, lihat lahannya ada atau tidak, yang namanya pertanian itu harus ada calon petani dan calon lahan,”sambungnya.

Ditargetkannya, pekan depan, bantuan untuk pengembangan kebun hidroponik ini sudah bisa disalurkan ke kelompok tani.

Ditanyai kapan bantuan ini akan diberikan juga untuk kabupaten/kota lain di Maluku, Rumbia mengaku hal itu akan disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah. “Sebenarnya untuk yang sekarang ini kita usulkan juga kabupaten/kota lain bisa peroleh, tapi sesuai kemampuan keuangan hanya untuk kota Ambon dan sekitarnya,”tandasnya. (RUZADY ADJIS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *