50 Persen Surat Suara Pemilu 2019 di SBB Rusak

by
KPU Kota Ambon melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara DPRD Provinsi Dapil Kota yang berlangsung di Sport Hall Karang Panjang Ambon, Senin (11/3/2019). FOTO: Priska Birahy

TERASMALUKU.COM,-PIRU-Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) menemukan ada sekitar 50 persen surat suara Pemilu 2019 rusak. Hal tersebut diketahui usai melalui proses sortir dan pelipatan surat suara untuk calon DPRD Provinsi Maluku Dapil SBB.

BACA JUGA : Surat Suara DPR RI Dan DPRD Tiba Di KPU SBB

Hal ini disampaikan Ketua Devisi Data dan Logistik KPUD SBB, Syarif Hehanussa kepada Terasmaluku.com di Kantor KPU SBB usai pembukaan Konser Pemilu Berdulat, Kamis (14/3/2019).”Saat ini lagi sortir dan pelipatan surat suara, dan surat suara untuk DPRD Provinsi rusak cukup banyak, mencapai 50 persen dari jumlah total 163.168 surat suara,” ujar Syarif.

Selain surat suara DPRD Provinsi, surat suara DPR RI dan DPRD Kabupaten juga ada yang rusak. Seperti banyak tinta yang berceceran pada kolom nama Caleg dan Parpol. Sementara surat suara Pilpres dan DPD RI belum dilakukan penyortiran dan pelipatan. Untuk itu, KPU SBB sudah melapor kondisi ini ke KPU Provinsi Maluku secara lisan dan akan dibuat berita acara pelaporan tentang kerusakan surat suara tersebut.

Menurut Syarif, kerusakan surat suara Pemilu 2019 ini lebih banyak dibandingkan dengan Pemilu periode sebelumnya. Dia Berharap agar pihak penyedia atau percetakan yang telah ditunjuk lebih teliti dalam mencetak surat suara. Pasalnya kejadian seperti ini akan menghambat kinerja KPU nanti.

“Kami harap pihak perusahan untuk berhati-hati dalam percetakan surat suara, karena kalau kerusakan surat surat suara banyak seperti ini, kerjanya dua kali dan akan menghambat yang lain. Sebab harus menunggu pergantian surat suara lagi,“ harapnya. (FAUZAN PALISOA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *