6.400 Siswa SMP/MTS di Ambon Siap  UN

by
Benny Kainama

AMBON-Sebanyak 6.400 siswa SMP dan Madrasah Tsanawiyah (MTS) di Kota Ambon siap melaksanakan Ujian Nasional  Berbasis Komputer (UNBK) maupun ujian secara manual pada 2 Mei 2017 mendatang.

“Ada 6.400 siswa SMP dan MTS di Kota Ambon siap melaksanakan UNBK dan ujian manual. Semua persiapan sudah kami lalukan jauh-jauh hari,” kata  Kepala Dinas Pendidikan Kota Ambon Benny Kainama kepada wartawan, Kamis (20/4).

Ia  menyatakan  dari jumlah tersebut, 600 siswa pada  7 sekolah SMP dan MTS  mengikuti UNBK, sedangkan sisanya 5.800 siswa mengikuti ujian berbasis kertas.  “Tujuh sekolah yang mengikuti UNBK yakni SMP Negeri 6 Ambon, SMP Negeri 3 Ambon, SMP Lentera, SMP Kalam Kudus, SMP Xaverius, SMP Kristen, dan MTS Al-Khairat,” ujar Kainama.

Menurutnya, untuk UNBK akan dilaksanakan duluan pada jam 08.00 WIT. Sedangkan untuk ujian berbasis kertas akan berlangsung pada pukul 11.00 WIT setelah UNBK selesai. “Jadi yang manual akan dimulai jam 11 pagi, sedangkan ujian komputer dimulai duluan sekitar jam 8 pagi,” jelas Kainama.

Ia juga mengatakan, dari jumlah SMP yang mengikuti UNBK tahun 2017 ini meningkat bila dibandingkan tahun sebelumnya. Pada tahun 2016 hanya ada tiga sekolah yang menggelar UNBK. “Tahun kemarin hanya tiga sekolah yang menggelar UNBK dan tahun ini bertambah 4 sekolah yakni SMP Kalam Kudus, SMP Xaverius, SMP Kristen, dan MTS Al-Khairat,” katanya. (IAN)