64 Orang Operasi Urologi Gratis di Ambon

by

TERASMALUKU.COM,AMBON, – Sebanyak 64 masyarakat kota Ambon dioperasi urologi oleh tim dokter Vlissingen Belanda di Rumah Sakit Umum Haulussy. Ini merupakan kerjasama dengan pemerintah Kota Ambon di bidang kesehatan.

“Sampai dengan tanggal 12 Februari 2020 ini kita sudah lakukan operasi urologi kepada 64 orang,” kata Kepala dinas Kesehatan Kota Ambon, Wendy Pelupessy kepada wartawan di Balai Kota Ambon, Rabu (13/2/2020).

Dia mengatakan, jumlah pasien yang mendaftar itu 304 orang, karena antusias masyarakat sangat besar sekali dalam melakukan operasi urologi ini. “Masyarakat sangat antusias sekali karena operasi gratis ini sangat membantu masyarakat yang tidak mampu di kota Ambon,” kata Wendy.

Hanya saja, lanjut dia, masih terdapat kendala teknis dalam pelaksanaan operasi urologi ini seperti, tenaga dokter untuk melakukan operasi dan ruang operasi.”Kita terkendala tenaga dokter dan ruangan yang diberikan hanya satu, selain itu waktu, karena tidak semua pasien terdaftar bisa langsung Operasi,” ujarnya.

Dia mengaku, pasien yang telah terdaftar harus melakukan screening, karena harus sesuai dengan indikasi penyakit yang dioperasi. “Kalau tidak sesuai maka tidak bisa masuk dalam pasien yang akan dioperasi secara gratis,” kata Wendy.

Wendy menyebut, dari 304 orang yang mendaftar, sebanyak 260 pasien dari kota Ambon, dan 44 pasien dari luar wilayah kota Ambon. Sedangkan, kata Wendy, Pasien yang di Screening untuk melakukan operasi itu ada sebanyak 190 orang, dan ada 10 orang pasien yang harus menjadi daftar menunggu pada tahun depan. “Ada sebanyak 10 yang harus menunggu waktu tahun depan untuk operasi, mereka sudah lewati tahap screning,” ujarnya.

Diketahui dari 64 pasien yang telah melakukan operasi diantaranya, Citoscopy 13 orang, Prostat 30 orang, hernia anak 5 orang, batu ginjal 5 orang, batu kandung kemih 3 orang, batu ureter 2 orang, batu ginjal 2 orang, penis bengkok 1 orang, striktur ureter 1 orang, oletotomy 1 orang dan bistel buli-buli 1 orang. (ALFIAN SANUSI)