75 Mahasiswa FKIP Unpatti Ikut Program SMI di Malra

by
Mahasiswa peserta Studi Masyarakat Indonesia (SMI) FKIP saat dilepas di Kampus PGSD Unpatti Ambon, Jumat (9/2). FOTO : ALFIAN SANUSI (TERASMALUKU.COM)

TERASMALUKU.COM,-AMBON- Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan  (FKIP) Universitas Patimura Unpatti Ambon  melepas 75 orang mahasiswa peserta Studi Masyarakat Indonesia (SMI) di Desa atau Ohoi Elaar Lamagorang  Kecamatan Kei Kecil Timur Selatan Kabupaten Maluku Tenggara (Malra). Pelepasan mahasiswa peserta SMI ini dilakukan Ketua Jurusan IPS FKIP, W.S Pinoa di Aula Kampus  PGSD Unpatti Ambon, Jumat (9/2).

Pinoa mengungkapkan, SMI adalah aplikasi nyata dari mata kuliah wajib dan merupakan implementasi dari teori yang didapat mahasiswa  di ruang kuliah. “Ini adalah mata kuliah wajib yang didapatkan di kelas dan dipraktekan di lapangan, karena jangan hanya dapat teori saja tanpa ada praktek nyata di lapangan,” kata Pinoa.

Loading...

Menurut Pinoa mata kuliah ini mengkaji tentang kehidupan masyarakat di berbagai bidang diantaranya, sosial budaya, pendidikan, agama, ekonomi, dan pemerintahan. “Dalam mata kuliah ini mahasiswa diharuskan untuk terjun langsung dalam kehidupan masyarakat,” ujar Pinoa.

Menurutnya, jika mahasiswa cerdas saat di lapangan nanti, mereka dapat mengambil masalah yang ada di masyarakat sekitar untuk bisa dijadikan bahan tulisan dalam skripsi nanti.

Ia berharap, mahasiswa yang turun ke masyarakat ini dapat menjaga nama baik almamater dan menjaga hubungan baik dengan masyarakat, karena selesai studi mahasiswa juga akan mengabdi untuk masyarakat. Para mahasiswa akan menjalani kegiatan SMI mulai 12 Februari hingga 19 Februari 2018. (IAN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *