ACT Maluku Salurkan Modal Usaha Untuk Pelaku Usaha Mikro di Ambon

by
ACT Maluku menyalurkan modal usaha untuk pelaku usaha mikro di Kota Ambon, Selasa (8/6/2021). FOTO : ACT MALUKU

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Global Wakaf dan Aksi Cepat Tanggap ( ACT ) Provinsi Maluku terus menyalurkan bantuan modal usaha kepada 24 pelaku usaha mikro di Kota Ambon.

Para penerima bantuan sebanyak 24 orang, dengan penyaluran bertahap berkawasan Desa Batu Merah, 11 orang di kawasan lorong putri , 6 orang di kawasan Stain, 1 orang di kawasan jalan baru, 3 orang di kawasan lorong tebu dan 2 orang di kawasan kebun cengkeh serta 1 orang kawan wara Desa Batu Merah, Kota Ambon pada Selasa, 8 Juni 2021.

Safri Zainudin Bugis, Koordinator WMUMI Provinsi Maluku menuturkan, bantuan modal usaha ini merupakan program Wakaf Modal Usaha Mikro Indonesia (WMUMI) Global Wakaf-ACT,.

Program ini berupa penyaluran dana bantuan modal usaha berbasis wakaf kepada pelaku usaha mikro dengan skema Qhardul Hasan (Pinjaman Kebaikan) yang dijaga pokok wakafnya, pengambalian tanpa bagi hasil tanpa denda dan tanpa riba. Dengan bantuan tahap awal sebesar satu juta.

“Program Wakaf Modal Usaha Mikro ini hadir untuk mendukung keberlangsungan usaha mikro bertahan di tengah ketidakpastian akibat pandemi, membutuhkan modal dengan itu kami memberikan modal usaha agar usaha mereka terus berjalan untuk penuhi kebutuhan sehari-hari,” ujar Safri.

Rubaida (70) , salah satu penerima manfaat WMUMI berpofesi sebagai tukang jahit pakaian di kawasan Lorong Putri, mengaku sangat terbantu dengan bantuan Wakaf Modal Usaha Mikro.

Dengan bantuan usaha ini ia ingin mengembangkan usahanya dengan jualan pakaian. Rubaida menceritakan, penurun pengahasilan mulai terasa ketika gempa dan di tambah lagi dengan covid-19.

“Alhamdilillah, saya merasa senang dan terbantu dengan bantuan WMUMI dari Global Wakaf dan ACT, untuk menambah modal usaha, tanpa bunga semoga kebaikan para donatur di balas Allah SWT” ujar Rubaida. (ALFIAN)