Ada 103 Armada Bakal Mudik Gratis Di Maluku

by
Pemerintah provinsi Maluku siapkan ratusan armada untuk fasilitasi pemudik gratis (18/5). FOTO: dephub.go.id

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku menyiapkan 103 armada arat laut dan udara untuk mudik gratis bagi masyarakat yang akan mengikuti lebaran Idul Fitri 2019 1440 Hijriah.

Dari 103 armada itu diantaranya, 12 kapal PELNI, 22 kapal Printis, sembilan kapal cepat, satu kapal negara yang dikelola oleh navigasi Ambon, 25 kapal feri, 19 mobil bus Damri dan 15 bus dari PT Panca Karya.

“Ini dalam rangka kesiapan Pemprov Maluku untuk mudik di Lebar. Kami siapkan seluruh sarana transportasi baik itu angkutan laut, darat, udara maupun angkutan penyeberangan,”kata Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Maluku Frans Papilaya di Ambon Jumat, (17/5/2019).

Bagi pemudik yang ingin daftar dengan mendatangi kantor Dishub Maluku di Air Salobar Ambon. Pendaftaran di kantor berlaku bagi calon penumpang kapal perintis. Sementara untuk kapal Feri masyarakat mendaftar langsung di dermaga-dermaga setempat.

“Tentu kami suda siapakan kupon baik yang mau daftar di kantor kami maupun yang sudah disediakan di dermaga Feri setempat,”jelas Papilaya.

Papilaya mengungkapkan, pada 24 Mei 2019 Armada yang disipakan bagi pemudik, yakni KM. Sabuk Nusantara 72, dengan rute Ambon-Namroleh dan Leksula. Pada 25 Juni 2019 Sabuk Nusantara 71 dengan Rute Ambon-Werinama, Kelmuri-Geser, Gorom-Kesui-Teor-Kaimer-Kur-Toyando-Tual. KM.

Manusela dengan rute Ambon-Ambalauw-Wamsisi-Namrole-Leksula-Tifu-Waimulang-Nanali. Rencana berangkat tanggal 28 mei 2019. KM Manusela dengan rute Ambon-Manipa-Kelang-Buano-Taniwel-Wahai-Kobisadar-Bula-Kelimoi-Geser-Gorom,  rencana berangkat tanggal 01 juni 2019. Dan KM Gapulu rute Ambon – Banda. rencana berangkat tanggal 30 mei 2019.

loading...

Selain itu untuk pemudik, yang mau bernagkat menggunakan kapal feri tujuanWaai – Kailolo  keberangkatan dari pelabuhan Waai pada taggal 31 mei 2019 dengan KMP Teluk Ambon. Kapal feri rute Waai–Umeputih berangkat dari pelabuhan waai pada tanggal 31 mei 2019 dengan menggunakan  KMP Samandar.

Selanjutnya Hunimua – Waipirit KMP. Roka Tenda, KMP. Inelika, KMP Terubuk, KMP.Dolosi, KMP. Tanjung Koako) dengan tanggal berangkat  1 juni 2019. Begitu juga Rute Galala – Namlea dilayani dengan  KMP. Wayangan  berangkat  pada tanggal 01 juni 2019.

Untuk mobil Damri dari gong perdamaian menuju pelabuhan penyeberangan hunimua pada tanggal 31 mei dan 01 juni 2019 dengan tempat pendaftaran gong perdamaian pada saat keberangkatan .

“Kami tidak menyediakan mudik gratis bagi kendaraan roda dua maupun empat , ini hanya dikususkan bagi masyarakat,”pungkasnya. Untuk mengantisifasi lonjakan penumpang Pemprov Maluku juga menyediakan posko Gratis di seputar dermaga setempat.(NAIR FUAD)

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *