Ada 202 Kasus HIV/AIDS Baru di Kota Ambon

by

AMBON-Kasus HIV/ADIS di Kota Ambon terus meningkat. Dinas Kesehatan Kota Ambon mencatat   dari  Januari hingga Oktober 2016  ada 202 kasus baru HIV/AIDS ditemukan di Kota Ambon. Jumlah ini meningkat dibandingkan dengan tahun 2015 yang hanya 89 kasus.

“Kalau dilihat dari jumlah kasus memang meningkat tapi kalau dilihat dari kinerja itu lebih baik, karena penemuan kasus-kasus baru itu lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya,” kata Kepala Bidang Pemberantasan Penyakit Dinas Kesehatan Kota Ambon, Yusda kepada wartawan  Senin (18/12).

Ia menyebutkan, dari 202 kasus HIV/AIDS baru di Kota Ambon itu,  27 kasus penyakit AIDS dan sisanya virus HIV. “Kita maunya dapat pasien yang masih stadium dini atau yang masih terkena HIV karena untuk pencegahan dan pemberantasan itu bisa lebih mudah,” kata Yusda.

Ia menyatakan, tugas  Dinas Kesehatan Kota Ambon hanya melakukan penemuan penyakit dan pengobatan. Sedangkan untuk mencegah seseorang tidak terkena HIV dan  AIDS itu peran keluarga, lingkungan dan tokoh agama. “Kalau ada pasien yang datang di fasilitas kesehatan lalu tidak dilayani berarti itu mutlak tanggung jawab kita dari kesehatan,” ujarnya.

Ia menambahkan, dari program Kementerian Kesehatan  pada tahun 2030 ditargetkan sudah tidak ada lagi kasus HIV/AIDS yang baru di Kota Ambon. Olehnya itu, sejak dini Dinas Kesehatan gencar melakukan screning kepada ibu hamil, remaja, umum, dan populasi yang paling berisiko HIV. (IAN)