Ada 227 Rumah Warga Rusak, Terparah di Saunulu

by
Bupati Maluku Tengah Abua Tuasikal meninjau warga yang mengungsi akibat gempa di wilayah Kecamatan Tehoru,Kamis (17/6/2021). FOTO : ISTIMEWA


TERASMALUKU.COM,-AMBON
-Data kerusakan rumah warga akibat gempabumi tektonik dengan magnitudo 6,1 Rabu (16/6/2021) hingga Kamis (17/6/2021) tercatat sebanyak 227 unit.

Selain rumah warga, sarana prasarana umum dan tempat ibadah juga mengalami kerusakan. Yaitu masing-masing satu unit masjid, gereja, dan mushalla. Termasuk ambruknya talud penahan ombak sepanjang 15 meter.

Satu unit gereja dan masjid yang mengalami kerusakan berada di Negeri Saunulu. Sementara mushalla dan talud penahan ombak berada di Negeri Tehoru.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), Abdul Latif Key kepada Terasmaluku.com mengatakan, data kerusakan rumah warga terdampak gempa tersebar di empat wilayah. Yaitu Negeri Saunulu, Yaputi, Tehoru dan Haya.

“Yaputi 15 (rumah warga rusak), Saunulu 136, Tehoru 56, Haya 20,” ungkap Latif melalui sambungan selulernya, Kamis (17/6/2021).

Menurutnya, daerah terdampak gempa yang terjadi kemarin pukul 13.43 WIT itu hanya melanda empat wilayah tersebut yang jaraknya berjauhan.

“Iya empat wilayah itu saja (yang terdampak gempa,” tandasnya. (HUS)