Ada 275 CPNS Kota Ambon Yang Maju Ke Tahap SKB

Ada 275 CPNS Kota Ambon Yang Maju Ke Tahap SKB

SHARE

TERASMALUKU.COM,AMBON–Keputusan akhir nasib CPNS ditentukan melalui proses perangkingan. Di Kota Ambon ada 275 orang yang dinyatakan lulus pada seleksi perangkingan. Jumlah itu merupakan penentuan ketat berdasarkan nilai hasil tes yang memenuhi standar nilai kumulatif yang ditetapkan badan kepegawaian negara (BKN) Haití 255.

Peserta CPNS Kota Ambon yang lolos sistem perangkingan oleh BKN bakal melanjutkan ke tahap selanjutnya, yaitu seleksi kompetensi bidang (SKB). Dari total 2.229 peserta yang tidak lolos tes hanya 245 yang memenuhi standar nilai kumulatif yang ditetapkan BKN. 245 orang ini bersama 30 CPNS yang lulus tahap pertama tanpa seleksi perangkingan akan mengikuti tes SKB yang dijadwalkan berlangsung pada 8 Desember di SMP Negeri 6 Ambon.

Kepala BKD Kota Ambon, Benny Selanno, menyebutkan 275 orang itu sudah melewati tahapan yang sesuai dan terbuka. “30 orang itu dari yang lolos seleksi, sedangkan 245 itu diputuskan BKN pusat,” kata Benny, Rabu (5/12/2018). Menurutnya seleksi itu dilakukan berdasarkan nilai serta formasi yang dipilih peserta tes.

Meski begitu pihaknya tetap berkoordinasi dengan Kemenpan RB untuk memastikan kuota di Kota Ambon tetap terisi. “Kami berharap kuota 201 untuk pemkot tetap terisi. Sebab ada banyak formasi yang memang harus diisi” tegasnya.

Saat ditemui pada tes hari terkahir beberapa waktu lalu Benny sempat berujar ada lebih dari satu peserta yang menyasar posisi yang sama. Itu artinya mereka harus menyeleksi lagi untuk menemukan satu peserta yang lolos.

“Misalnya ada posisi A dengan kuota hanya satu orang tapi yang lolos ada empat orang. Nah mereka harus bersaing lagi dan pasti ada yang gugur,” jelasnya usai tes lingkup kota hari terkahir (9/11/2018). Sesuai formasi kota 2, sedikitnya ada 45 posisi yang kosong. 275 peserta harus bersaing untuk bisa menempati posisi tersebut. (PRISKA BIRAHY)

loading...