Ada 30 Ribu Lebih Pelamar Yang Daftar CPNS 2018 di Maluku

by
Ribuan pelamar asal Provinsi Maluku bersiap dengan tahap seleksi CPN 2018 selanjutnya. FOTO: PRISKA BIRAHY

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Pendaftaran calon pegawai negeri sipil 2018 (CPNS) Provinsi Maluku resmi ditutup dua hari lalu pada Senin 15 Oktober 2018. Pihak badan kepegawaian negara (BKN) pun telah mengumumkan penutupan pendaftaran yang dua kali diundur itu.

Dari hasil pendaftaran selama sekitar dua minggu itu total pelamar asal Provinsi Maluku tercatat lebih dari 30 ribu orang. Mereka mendaftar melalui situs resmi sscn.bkn.go.id.
Sejak dibuka pada 26 September lalu antusias warga Maluku memang sangat besar. Bahkan meski telah diundur tanggal penutupannya, toh masih ada saja yang mendafatar.

Data yang berhasil dihimpun ada sebanyak 30.288 pelamar. Mereka berasal dari 11 kabupaten kota se Maluku. Untuk pelamar di ruang lingkup provinsi ada 2.644 orang. Dengan rincian tenaga guru 1.258 pelamar, tenaga kesehatan 463 pelaar dan tenaga teknis ada 896 pelamar.

Ada tiga tahapan tes yang akan dilalui CPNS bila dinyatakan lolos tahap seleksi online dan berkas

“Sistem seleksi CPNS 2018 pakai sistem daring. Jadi usai daftar akan langsung diseleksi mana-mana saja yang lolos tahap berikut,” jelas Plt Kepala Badan kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Maluku, Halimah Soamole, Kamis (18/10/2018).

loading...

Sistem daring atau dalam jaringan ini akan memudahkan proses seleksi agar lebih cepat dan akurat. Halimah menyebut, nantinya pengumuman tes seleksi administrasi bakal dilakukan paling cepat pada 21 Oktober. Usai itu peserta yang telah dinyatakan lolos seleksi tes tahap awal wajib akan mengikuti seleksi kompetensi dasar (SKD) dan seleksi kompetensi bidang (SKB).

“Untuk tes itu jadwalnya 26 Oktober sampai 17 November 2018,” kata dia. Sesuai jadwal dari BKN, gelar tes seleksi itu berlangusng sekitar sebulan. Peserta akan dihadapkan dengan 100 soal dari tiga bidang berbeda. Hasilnya pun tak lama. Peserta tinggal menunggu hasil yang bakal diumumkan pada 30 November nanti. (PRISKA BIRAHY)

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *