Ada 50 Stand Menarik Yang Mengisi Pasar Keuangan Rakyat Oleh OJK

by

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Sebentar lagi akan digelar Pasar Keuangan Rakyat (PKR) yang kedua. Akan hadir berbagai lembaga keuangan dengan beragam produk dan jasa keuangan mereka yang ditawarkan ke masyarakat di Kota Ambon.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) selaku penyelenggara menggandeng seluruh lembaga terkait untuk meramaikan dan mengisi PKR itu. Pelaksanaan pasar keuangan ini tak lain untuk mendorong pemahaman masyarakat terhadap produk-produk keuangan yang ada.

“Cara ini juga untuk tingkatkan literasi keuangan di masyarakat,” ujar Kepala OJK Provinsi Maluku Bambang Hermanto kepada Terasmaluku.com di Kantor OJK, Rabu (17/10/2018). Akan ada pihak asuransi, perbankan, finance, bursa efek hingga sektor riil yang hadir di pasar keuangan rakyat itu.

Salah satu yang paling banyak diincar yakni soal perkreditan. Rony Hutapea, Kepala Cabang Indomobil Multi Finance Ambon mengatakan tujuan utama pasar itu untuk memberi kesamaan pemahaman bagi masyarakat soal jasa prekreditan.

“Selama ini orang hanya tahu kredit kendaraan untuk pembelian motor dan mobil. Padahal ada bentuk dan produk lain yang bisa diakses. Nah kita coba edukasi masyarakat untuk itu,” jelasnya usai konfrensi pers di kantor OJK, Rabu (17/10/2018).

Masyarakat Ambon, lanjut dia paling banyak kredit sepeda motor. Dalam sebulan saja ada lebih dari 300 unit motor yang keluar. Itu baru dari satu brand saja. Belum terhitung yang lain. Namun ada produk lain yang juga sama pentingnya dan belum banyak dipahami. Yakni soal kredit multiguna. “Saat ini jika membutuhkan dana bisa menjaminkan kendaraannya atau sertifikat tanah yang ada menjadi agunannya,” sebutnya kepada Terasmaluku.com.

loading...

Selain perkreditan, juga ada dari pihak perbankan. Ada begitu banyak produk yang nantinya ditawarkan dan diperkenalkan di pasar keuangan nantinya. Seluruh bank bakal mengisi stand pasar keuangan seperti Bank Panin dan BNI yg perwakilannya turut hadir saat presa conference.

Mereka bakal mengenalkan produk yang dimiliki seperti tabungan, deposito maupun kredit investasi dan kredit konsumsi. Begitu juga dengan KUR atau kredit usaha rakyat dengan bunga yang jauh lebih kecil dari sebelumnya yaitu 9 persen, menjadi 7 persen. Ini merupakan kabar baik bagi para pelaku usaha yang ingin mengembangkan usaha jadi lebih baik.

Nantinya akan ada 50 stand. Sebanyak 39 diisi oleh lembaga keuangan, sisanya adalah pelaku di sektor riil. UKM-UKM binaan tiap lembaga juga diundang hadir membawa produk bikinan mereka pada kegiatan besar itu. OJK menargetkan PKR 5.000 pengunjung yang hadir dengan total transaksi sebesar 2 miliar. Baik itu yang deal atau transaksi di tempat dan prospek.

Untuk memeriahkan PKR itu juga digelar donor darah, beragam lomba mulai dari tingkat SD, SMP, dan Mahasiswa serta doorprize menarik dengan hadiah utama 1 unit motor. Masyarakat yang penasaran dapat langsung datang dan menikmati beragam keuntungan di PKR itu. (PRISKA BIRAHY)

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *