Ada Aturan Pajak Baru Bagi Pengusaha Toko Online Dan Pedagang Via Medsos

by
Para pedagang di toko online pun via media sosial sudah bisa mengikuti aturan baru perpajakan yang dikeluarkan menteri keuangan mulai 1 April mendatang. FOTO: Priska Birahy

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Pemerintah bakal memberlakukan aturan baru pajak bagi para pengusaha toko online serta pedagang via medsos. Sri Mulyani Indrawati, Menteri Keuangan Republik Indonesia menandatangani Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 210/PMK.010/2018 tentang Perlakuan Pajak Atas Transaksi Perdagangan Melalui Sistem Elektronik E-Commerce.

Kebijakan itu akan diterapkan mulai 1 April 2019. Namun kebijakan pemerintah menetapkan jenis atau tarif pajak bagi pelaku e-commerce dimaksudkan untuk memebri kemudahan administrasi. Pengaturan yang dimuat dalam PMK-210.

“Pada intinya setiap orang pribadi yang memiliki penghasilan di atas PTKP (penghasilan tidak kena pajak) wajib memiliki npwp, setor dan lapor pajak,” kata Normadin Budiman Salim Kepala Bidang P2 Humas Kanwil DJP Papua dan Maluku kepada Terasmaluku.com, Senin (18/2/2019).

Dia menjabarkan pokok pengaturan PMK-21 bagi penyedia jasa berjualan melalui platform marketplace antara lain, memberikan Nomor Pokok Wajib (NPWP) kepada pihak penyedia platform marketplace. Penyedia platform marketplace yang dikenal di Indonesia antara lain Blibli, Bukalapak, Elevania Lazada, Shopee, dan Tokopedia.

Mereka melaksanakan kewajiban PPh seperti membayar pajak final dengan tarif 0,5% dari omzet. Nah besar pajak ini lanjut Normal adalah bagi UMKM yang omzetnya tidak melebihi Rp 4,8 miliar pertahun. “Untuk UMKM tarifnya sangat rendah, hanya 0,5% dari omzet,” jelas dia.

Sementara itu untuk Kewajiban penyedia platform marketplace,wajib punya NPWP serta dikukuhkan sebagai PKP. Mereka juga memungut, menyetor, dan melaporkan PPN dan PPh terkait penyediaan layanan platform marketplace kepada pedagang dan penyedia jasa. Hal serupa juga diterapkan pada penjualan barang dagangan milik penyedia platform marketplace sendiri. Melaporkan rekapitulasi transaksi yang dilakukan oleh pedagang pengguna platform. (PRISKA BIRAHY)

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *