Bupati Minta OPD Fokus Pada RPJM Kabupaten SBT

by
Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) denga Sekda SBT Jafar Kwairumaratu dan Ketua DPRD SBT Noaf Rumau, Sabtu (18/9/2021).

TERASMALUKU.COM,-BULA-Dalam upaya membangun Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) lima tahun kedepan, agar sesuai dengan vis misi Bupati Abdul Mukti Keliobas dan Wakil Bupati Idris Rumalutur.

Karena itu sangat dibutuhkan komitmen dan konsentrasi Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Apalagi saat ini semua OPD terlibat dalam kegiatan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Kabupaten SBT 2021-2026.

Sebab diketahui, untuk kurun waktu lima tahun ke depan, Bupati dan Wakil Bupati telah menetapkan target utama pencapaian program dan kegiatan yang akan dilaksanakan oleh OPD secara holistik dan terintegrasi, sesuai dengan apa yang menjadi visi misi tersebut.

Misi besarnya adalah Terwujudnya Kabupaten SBT yang sejahtera mandiri berdaya saing berbasis sumber daya lokal.

Dari visi ini telah dikabarkan dalam enam misi yakni, pertama, menjalankan agenda reformasi dan tata kelola birokrasi. Kedua, mendorong penguatan ekonomi daerah dan pemberdayaan masyarakat.

Ketiga, mendorong peningkatan SDM yang berbudaya religius nasionalis kompetitif berkarakter serta berdaya saing. Keempat, mendorong peningkatan investasi daerah dan penguatan fiskal keuangan daerah. Kelima, meningkatkan pengembangan infrastruktur dan konektivitas antar wilayah. Ke-enam, mendorong peningkatan pelayanan sosial dasar masyarakat.

Bupati SBT Abdul Mukti Keliobas dalam sambutannya yang dibacakan Wakil Bupati Idris Rumalutur, meminta keseriusan OPD agar memperhatikan kesesuaian visi misi tujuan dan sasaran dalam RPJM. Karena konsistensi penjabaran visi dan misi dalam tujuan dan sasaran menentukan efektivitas pembangunan daerah.

Kata Idris, indikator kinerja daerah yang sudah diformulasikan oleh tim penyusun RPJM berupa matriks atau penjabaran dan penyelarasan visi misi tujuan sasaran RPJMD agar dijadikan acuan dalam penyusunan dokumen rencana strategis dan rencana kerja perangkat daerah.

Selain itu, memperkuat koordinasi antar OPD dalam proses perencanaan agar terbangun sinergitas.

“Dan seluruh OPD agar komitmen dalam proses perencanaan dengan mengacu pada Renstra OPD, RKPD dan Renja OPD. Agar tercipta dokumen perencanaan yang selaras dan berkualitas,” kata Bupati dalam sambutannya yang dibacakan Wakil Bupati Idris Rumalutur pada Musrenbang RPJM Kabupaten SBT 2021-2026 di Gedung Serbaguna, Sabtu (18/9/2021).

Lanjut Idris, terkait dengan penyusunan RPJM Kabupaten SBT tahun 2021- 2026 agar Kepala OPD terlibat aktif dalam setiap tahapan proses perencanaan sehingga program kegiatan yang disusun benar-benar mampu diimplementasikan untuk mendukung terwujudnya visi misi kepala daerah dengan indikator kinerja yang terukur.

Dia juga mengharapkan, seluruh peserta musrenbang RPJM mampu berkontribusi dan memberikan input serta dirumuskan dalam berita acara kesepakatan hasil Musrenbang RPJMD Kabupaten SBT tahun 2021- 2026 yang ditandatangani oleh setiap unsur yang mewakili pemangku kepentingan sebagi dasar dalam proses penyempurnaan rancangan RPJM menjadi rancangan akhir RPJMD. (Sofyan).