Maksimalkan Layanan, BPJS Kesehatan Ambon Tandatangan Komitmen Dengan FKTP Penerima Kapitasi Khusus

by

TERASMALUKU.COM,-SAUMLAKI-Setiap warga negara berhak atas akses pelayanan kesehatan, termasuk peserta program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Hal ini menjadi komitmen BPJS Kesehatan untuk memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh lapisan masyarakat, tak terkecuali masyarakat dan fasilitas kesehatan di daerah terpencil.

Melalui Peraturan Direksi BPJS Kesehatan Nomor 55 Tahun 2020, telah diatur pedoman pelaksanaan pembayaran kapitasi khusus Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Daerah Terpencil.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Ambon, HS Rumondang Pakpahan membahas kapitasi khusus tersebut sekaligus penandatanganan komitmen dengan delapan Puskesmas Penerima Kapitasi Khusus di Kepulauan Tanimbar, pada Jumat (22/4/2022).

Mondang menyampaikan ada lima komitmen yang harus menjadi perhatian oleh FKTP penerima kapitasi khusus.

“Ada lima indikator yang harus diperhatikan oleh Puskesmas yang menerima kapitasi khusus, yaitu ketersediaan atau penambahan tenaga kesehatan, ketersediaan atau penambahan sarana prasarana, indikator pengiriman tenaga kesehatan untuk melakukan pelayanan kesehatan, peningkatan capaian rate kunjungan, dan peningkatan peserta prolanis terdaftar. Kami berharap pemenuhan indikator tersebut dapat dimonitor pula oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Tanimbar terhadap delapan Puskesmas yang telah terverifikasi,” terang Mondang.

Ia berharap pembayaran kapitasi khusus kepada FKTP yang telah terverifikasi ini diimbangi dengan pemenuhan pelayanan kesehatan yang lebih baik kepada masyarakat.

“Harapan kami dengan adanya pembayaran kapitasi khusus ini pelayanan kesehatan yang ada di Kabupaten Kepulauan Tanimbar akan meningkat, khususnya di delapan Puskesmas yang menerima kapitasi khusus ini. Semoga peningkatan pemenuhan komitmen indikator-indikator penerima kapitasi khusus ini akan mengoptimalkan layanan kesehatan kepada masyarakat,” harap Mondang.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Edwin Tomasoa menyambut baik penandatanganan komitmen FKTP Penerima Kapitasi Khusus dengan BPJS Kesehatan dan meminta Kepala Puskesmas Penerima Kapitasi Khusus untuk memerhatikan indikator komitmen yang harus dicapai.

BACA JUGA :  Wagub Harap Inovasi Pesta Kenari Badan POM Permudah UMKM di Maluku Peroleh Izin Edar Produk

“Saya berterima kasih kepada BPJS Kesehatan karena selama ini telah bekerja sama dengan kami, Dinas Kesehatan, termasuk dengan membantu kami dalam pengajuan FKTP penerima kapitasi Saya berharap teman-teman di Puskesmas yang menerima kapitasi khusus ini dapat memerhatikan hal tersebut dan kami dari Dinas Kesehatan akan berusaha memenuhi pula kewajiban kami, terutama dalam pemenuhan tenaga kesehatan,” ujar Edwin. (***)

No More Posts Available.

No more pages to load.