BPJS Kesehatan dan Pemkot Tual Komitmen Hadirkan Layanan Terbaik Bagi Peserta JKN-KIS

oleh
oleh
BPJS Kesehatan Cabang Ambon menggelar monitoring dan evaluasi pelayanan kesehatan dan penginputan data pada aplikasi P-Care Eclaim pada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Jarkomdat se-Kota Tual, Kamis (19/5/2022). FOTO : BPJS KESEHATAN AMBON

TERASMALUKU.COM,-TUAL–Untuk memastikan pelayanan kesehatan dalam program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) dilaksanakan sesuai dengan ketentuan, BPJS Kesehatan Cabang Ambon menggelar monitoring dan evaluasi pelayanan kesehatan dan penginputan data pada aplikasi P-Care Eclaim pada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Jarkomdat se-Kota Tual, Kamis (19/5/2022).

Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer BPJS Kesehatan Cabang Ambon, Muhammad Rusydi, memaparkan bahwa seluruh FKTP mitra BPJS Kesehatan wajib melaksanakan komitmen yang telah disepakati sesuai dengan perjanjian kerja sama. Dirinya menyebut, seluruh FKTP perlu memastikan terpenuhinya aspek mutu dan aspek biaya telah dilakukan sesuai ketentuan.

“Contohnya FKTP telah memastikan tidak ada iur biaya, telah mencapai nilai WTA (KESSAN) 85 atau lebih, telah memanfaatkan sistem antrean online BPJS Kesehatan sebanyak 25% atau lebih, serta memberikan pelayanan kesehatan kontak tidak langsung kepada peserta. Kami menargetkan nilai kepatuhan FKTP, yaitu sebesar 88 atau lebih dan untuk mencapai target kepatuhan tersebut, diperlukan peran aktif dan komitmen dari seluruh admin P-Care di FKTP untuk melakukan inputan pelayanan secara realtime ke aplikasi P-Care dan memastikan kesesuaian jumlah kunjungan antara buku registrasi/kunjungan FKTP dengan aplikasi P-Care,” tutur Rusydi.

Rusydi mengatakan peran admin P-Care sangat penting dalam sebuah FKTP untuk meningkatkan pelayanan Program JKN-KIS. Dengan berbagai komitmen tersebut, dirinya berharap FKTP dapat memenuhi dan menjalankan komitmen tersebut sehingga bisa memberikan kepuasan bagi peserta JKN-KIS terhadap pelayanan yang diberikan di FKTP.

“Kontribusi admin P-Care, terutama pada FKTP yang memiliki jaringan komunikasi data (jarkomdat) sangat besar dalam peningkatan pelayanan kesehatan untuk itu FKTP perlu menunjuk admin P-Care yang aktif, berkomitmen, dan berintegritas. Kira-kira ada delapan komitmen yang harus dipatuhi oleh admin P-Care dalam melaksanakan tugasnya dan telah tertera pula target yang perlu dicapai. Kami berharap komitmen tersebut dapat terus dipenuhi sehingga berdampak baik bagi capaian FKTP dan peningkatan pelayanan terhadap masyarakat,” tambah Rusydi.

BACA JUGA :  Polisi Masih Mencari Motif Pembunuhan Siswa SMA N 1 Tual

Pada kesempatan tersebut, Perwakilan Dinas Kesehatan Kota Tual, Vatmanis Salimubun menyampaikan apresiasi atas monitoring dan evaluasi yang dilaksanakan BPJS Kesehatan terhadap FKTP Jarkomdat di Kota Tual.

“Monitoring dan evaluasi menjadi hal yang penting untuk memastikan terlaksananya suatu program telah sesuai dengan yang seharusnya dan jika terjadi hambatan dalam pelaksanaannya bisa diselesaikan dan bisa menjadi acuan untuk perbaikan ke depannya. Kami akan mendorong upaya perbaikan dan peningkatan kualitas di FKTP sesuai dengan kerja sama yang telah disepakati dengan BPJS Kesehatan,” ujar Vatmanis Salimubun. (ADVERTORIAL)

No More Posts Available.

No more pages to load.