AHY : Saya Bersalah Baru Injak Kaki di Ambon

by
Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menanam pohon gayam di Gong Perdamaian Ambon, Kamis (25/1). FOTO : IST. (TERASMALUKU.COM)

TERASMALUKU.COM,-AMBON- Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengungkapkan kekagumannya tentang Kota Ambon. Selain alamnya yang  indah, AHY juga terkesan dengan  keramahtamahan masyarakat Kota Ambon.  Karena itu, putera pertama Presiden ke-6  Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono mengakui bersalah baru pertama kali menginjakkan kaki di Kota Ambon, Kamis (25/1).

“Saya merasa bersalah, ketika baru sekali ini menginjakan kaki di tanah Ambon. Padahal luar biasa keindahan alamnya. Luar biasa keramah-tamahan masyarakatnya. Namun tentu bukan karena tidak ingin datang, cuma karena saat masih bertugas sebagai anggota  TNI,  jadi tidak sempatkan waktu ke Ambon,”kata AHY dalam jumpa wartawan di kafe sibu – sibu Kota Ambon,  usai menaman pohon di Gong Perdamaian, Kamis petang.

Suami dari  Annisa Pohan  ini mengaku, dengan kedatangnya  ke Ambon, ia melihat banyak potensi yang tentunya memiliki sejarah panjang. Banyak sekali pejuang dan pahlawan dari Provinsi Maluku.  “Tapi kita ingat di tahun 1999  terjadi tragedi kemanusiaan. Namun dengan adanya Gong Perdamaian, telah memberikan pesan akan nilai kedamaian di daerah ini,”ungkap AHY yang didampingi Gubernur Maluku Said Assagaff.

Kedamaian yang dibangun warga Maluku  usia konflik kemanusian, menurut AHY menjadi contoh untuk masyarakat Indonesia tentang merawat  kedamaian.  AHY tiba di Ambon Kamis sekitar pukul 15.00 WIT. Saat tiba di Bandara Pattimura, ia disambut Gubernur Maluku Said Assagaff, Ketua DPD Partai Demokrat Maluku Elwen  Roy Pattiasina, anggota DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat Michael Wattimena  dan kader Partai Demokrat lainnya.

Dari Bandara, AHY menuju Masjid An-Nur Negeri  Batu Merah untuk Shalat Ashar, dan   berziarah ke makam tokoh Islam yang berada di masjid tersebut.  Di Batu Merah AHY disambut  warga dengan ritual  kain gandong berwarna  putih.

Dari Batu Merah, AHY  kemudian menuju  Gong Perdamaian Ambon melakukan penanman pohon gayam.  Selain melakukan konsolidasi dengan kader Partai Demokrat Maluku, di Ambon AHY juga akan melakukan kuliah umum di Kampus Universitas Pattimura Ambon, Jumat (26/1). (UAD)