Akademisi Unpatti : Ekonomi Maju Bila Masyarakat Taat Protokol Kesehatan

by
TAAT PROKES : Pengunjung di salah satu swalayan di Jalan A Y Patty Kota Ambon, menaati protokol kesehatan, yang ditetapkan pengelola swalayan ini/ FOTO : ISTIMEWA

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Pedagang maupun pembeli di pusat perbelanjaan seperti mal dan pasar tradisional Kota Ambon, Maluku diajak mentaati protokol kesehatan, ditengah pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi untuk percepatan penanganan Covid-19.

“Jika masyarakat disiplin menjalankan protokol kesehatan, maka seluruh aktivitas di pasar maupun mal, tetap berjalan sehingga perekonomian rakyat dapat terjaga,”jelas Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pattimura Ambon, Dr Maryam Sangadji, SE, ME, Selasa (29/12/2020).

Loading…

Maryam mengatakan di era Tatanan Kehidupan Baru ini, masyarakat tetap berbelanja, tetap beraktivitas. Pemerintah juga tidak bisa membatasi masyarakat untuk tidak berdagang, tidak berusaha. Pastinya, penerapan aturan protokol kesehatan harus tegas, agar masyarakat patuh.

Cara ini dinilai ampuh, sehingga jumlah terpapar COVID-19 tidak bertambah. “Kesehatan menjadi tujuan penting dari ekonomi agar kembali membaik,”ujarnya

Selain disiplin dalam melaksanakan protokol kesehatan, Maryam mengatakan, masyarakat diminta untuk mengkonsumsi makanan yang bergizi, agar tidak mudah terserang penyakit. Ada program Bantuan Sosial (Bansos) tunai dari pemerintah, dapat digunakan untuk membeli makanan yang bergizi. Secara tidak langsung dampaknya juga pada terjaganya daya beli.

Maka itu, ia meminta masyarakat untuk tidak menempatkan dana bansos tunai untuk investasi, melainkan untuk konsumsi. Ini artinya, sudah menjadi tanggung jawab bersama, bahwa
pemulihan kesehatan dan perekonomian secara bersamaan, harus tetap menjadi fokus pemerintah dalam melewati pandemi COVID-19.

“Mari kita sepakat, cegah COVID agar , ekonomi bangkit,” tutupnya. (RED)