Aksi Babinsa Mencari Pasien Katarak Sampai Ke Pelosok Daerah

by
Anggota Babinsa membopong penderita katarak untuk dioperasi di RST Ambon, Sabtu (10/3).

TERASMALUKU.COM,-AMBON- Bintara Pembina Desa (Babinsa) adalah kepanjangan tangan dari TNI Angkatan Darat (TNI-AD) yang berada di wilayah. Dalam rangka membantu kesulitan masyarakat di wilayah binaannya, Babinsa selalu berada di tengah-tengah warga yang membutuhkan.

Hal inilah  yang ditunjukkan Babinsa Jajaran Komando Distrik Militer (Kodim) 1502/Masohi, 1504/Ambon, 1506/Namlea, yang merupakan Satuan Komando Kewilayahan (Satkowil) jajaran Komando Resor Militer (Korem) 151/Binaiya.

Para Babinsa itu adalah pahlawan yang tanpa kenal pamrih mencari pasien sampai ke pelosok-pelosok desa terpencil dan pulau-pulau terpencil untuk membantu masyarakat yang membutuhkan bantian untuk melaksanakan Operasi Katarak yang digelar kerjasama oleh Walubi dan Kodam XVI/Pattimura di Rumah Sakit Tentara (RST) TK II Latumeten, Kota Ambon, Sabtu (10/3).

Kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala Staf Kodam (Kasdam) XVI/Pattimura Brigjen TNI Tri Soewandono. Di hari pertama, hasil operasi yang telah dilaksanakan antara lain Kodim 1502/Masohi dari 73 pasien, telah dioperasi 69 pasien, keterangan dua gula darah tinggi, satu bukan katarak, satu anak usia 8 tahun.

Kodim 1504/Ambon berjumlah 119 pasien, dan  telah dioperasi 96 pasien, kurang 23 pasien dan akan dilanjutkan Minggu (11/3). Kodim 1506/Namlea berjumlah 29 pasien dan seluruhnya sudah dioperasi. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Waaster Panglima TNI, Kapolda Maluku, Wakil Walikota Ambon. (IAN)