Alex Retraubun Soroti Menteri Susi Yang Belum Teken Dokumen LIN Maluku

by
Prof Dr. Ir Alex Retraubun (tengah) menjadi pembicara di Forum Dialog Bidang Kemaritiman yang bertemakan “ Optimalisasi Pengelolaan Potensi Kepulauan” di Swiss-Belhotel Hotel Ambon, Kamis (15/3).

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Guru Besar Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon, Prof Dr. Ir Alex Retraubun mengungkapkan, dokumen Lumbung Ikan Nasional (LIN) yang disampaikan Pemerintah Provinsi Maluku kepada Kementerian Kelautan dan Perikanan ternyata belum juga ditandatangani atau diteken oleh Menteri Susi Pudjiastuti.

“Namun kita tetap berjuang agar Provinsi ini menjadi LIN. Kita semua yang ada, saya minta agar kita sama-sama memperjungkan demi kepentingan masyarakat,”ungkap Alex Retraubun seusai menjadi pembicara di  Forum Dialog Bidang Kemaritiman yang bertemakan “ Optimalisasi Pengelolaan Potensi Kepulauan” di Swiss-Belhotel Hotel Ambon, Kamis (15/3).

Menurut Wakil Menteri Perdagangan di pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ini,  masalah kebijakan di Bidang Kemaritiman baik LIN maupun Provinsi Kepulauan selalu saja menjadi tantangan bagi Pemprov Maluku. Kemudian di Pemerintah Presiden Joko Widodo juga tidak memberikan kepastian yang terarah soal Maluku untuk membahas hal tersebut. “Masalah LIN ini jelas sekali sangat berkorelasi. Maka itu dari hasil yang dibahas kita bisa mengidentifikasi masalah-maslah yang terjadi di Maluku,”katanya.

Dengan belum berpihaknya pemerintah pusat serta tidak memberikan kepastian hukum, menurut Retraubun, kemungkinan karena lemahnya infrastruktur yang belum memadai di seleruh kabupaten/ kota di Maluku. “Jadi ini bukan soal lobi pemerintah daerah yang lemah atau tidak dikawal secara efektif. Namun justru itu hanyalah beroreantasi pada projek. Dan kalau ada masalah harus ada statment dari pemerintah pusat agar jelas arah dan kebijakan LIN. Begitu juga LIN dan provinsi kepulauan ini bernuansa politik dari pemerintah pusat,” katanya. (FAD)