Alhamdulillah, Gedung Asrama Haji Transit Maluku Diresmikan

by
Gubernur Maluku Murad Ismail bersama Sekjen Kementerian Agama (Kemenag) RI, H. Nizar Ali menandatangani prasasti saat meresmikan Gedung Wisma Muzdhalifah Asrama Haji Transit Kota Ambon, Provinsi Maluku di Jalan Laksdya Leo Wattimena, Waiheru, Kota Ambon, Minggu (7/2/2021). FOTO : HUMAS MALUKU

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Gubernur Maluku Murad Ismail mendampingi Sekjen Kementerian Agama (Kemenag) RI, H. Nizar Ali meresmikan Gedung Wisma Muzdhalifah Asrama Haji Transit Kota Ambon, Provinsi Maluku yang berlokasi di Jalan Laksdya Leo Wattimena, Waiheru, Kota Ambon, Minggu (7/2/2021). Peresmian ditandai dengan pemukulan tifa dan penandatangan prasasti oleh Sekjen Kemenag Nizar Ali.

Gedung berlantai lima, dengan kapasitas 114 kamar, dengan daya tampung sebanyak 560 jamaah haji, menelan biaya lebih dari Rp 61 miliar yang bersumber dari SBSN Kemenag RI tahun 2018.
Selain dilengkapi fasilitas restaurant, asrama juga dilengkapi dengan aula pertemuan serta lift berdaya tampung 30 orang.

“Usai peresmian ini, Gedung Wisma Muzdalifah Asrama Haji Transit Maluku  ditetapkan menjadi Embarkasi Haji Antara,” kata Sekjen. Keberadaan Wisma ini, manfaatnya pun akan sangat besar terhadap umat Islam di Kota Ambon dan Maluku termasuk umat selain agama Islam.

“Karena gedung ini bisa dimanfaatkan untuk pertemuan keagamaan skala besar. Saya rasa inilah kekayaan luar biasa yang dipersembahkan untuk rakyat Maluku,” ujar Sekjen.

Menurutnya, Embarkasi Haji Antara Maluku ini bisa ditingkatkan lagi statusnya menjadi Embarkasi Haji Full/penuh. Namun harus memenuhi 9 syarat.

Dalam hal ini, Sekjen hanya menyampaikan beberapa dari sekian syarat yakni, asrama haji harus mampu menampung 2 kloter jamaah haji dalam setiap hari keberangkatan.

“Kalau sekarang sudah mampu menampung 1 kloter. Tinggal menambah gedung atau ruangan untuk 1 kloter lagi, agar statusnya berubah dari Embarkasi Antara menjadi Embarkasi Penuh. Dengan demikian, jamaah haji tidak perlu lagi melakukan transit penerbangan ke Makassar, Sulawesi Selatan. Namun, sudah bisa terbang dari Ambon menuju Jeddah, Arab Saudi,” jelas Sekjen.