Aliansi Umat Islam Bursel Gelar Aksi Untuk Rohingya

by
Aksi untuk Rohingya di Namrole Bursel pada Sabtu (9/9). FOTO : FIK (TERASMALUKU.COM)

TERASMALUKU.COM,-NAMROLE– Puluhan orang yang tergabung dalam Aliansi Umat Islam Kabupaten Buru Selatan (Bursel) menggelar aksi membela etnis Rohingya, Myanmar di Kota Namrole, Sabtu (9/9).

Massa aksi melakukan long march di sejumlah ruas jalan utama di Kota Namrole. Mereka mengecam dan mempotes tindakan  militer dan pemerintah Myamnar kepada warga Rohingya.  Dalam aksi ini, warga juga  melakukan  penggalangan dana bagi warga Rohingya, korban pembantaian militer Myanmar.

Massa aksi ini  berasal dari berbagai komponen Umat Islam, yakni MUI, Persatuan Dai Muda/Persada, KAHMI, DPD Muhammadiyah, DPD NU, DPD Aisiyah, Muslim NU, Pemuda Muhamdiyah, GP Ansor dan BKPRMI.

Koordinator aksi peduli Rohingya, Kabupaten Bursel Rajab Polpoke mengatakan, aksi ini sebagai bentuk protes  terhadap pembantaian dan kekerasan yang terjadi di Rohingya.  Ia mengungkapkan, demi rasa kemanusiaan, sejumlah elemen dan tokoh masyarakat turun ke jalan,sebagai bentuk solidaritas terhadap sesama muslim di Rohingya.

“Kami muslim, dan kami mengutuk keras aksi kekerasan yang terjadi di Rohingya, aksi ini sekaligus penggalangan dana bagi saudara kami Rohingya,” kata Polpoke. Massa aksi juga   meminta Pemerintah RI  untuk mengambil langkah tegas agar kekerasan terhadap Muslim Rohingnya segera dihentikan.

Massa juga  meminta PBB dan negara – negara yang tergabung dalam Organiasi Konfrensi Islam (OKI) untuk bertindak kepada  Pemerintah Myanmar yang telah melakukan pembasmian etnis Rohingnya.

“Kami meminta kepedulian Umat Islam sedunia untuk membantu Muslim Rohingya baik bantuan secara moril dan materil. Kami mengharapkan doa semua pihak untuk keselamatan saudara – saudara di  Rohingya,” kata Polpoke. (FIK)