Ambon Satu-Satunya Kota di Indonesia  Yang Terapkan Pembayaran Pajak Online

by
Penjabat Walikota Ambon Frans J Papilaya

AMBON- Penjabat Walikota Ambon Frans J Papilaya mengungkapkan, Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon merupakan satu-satunya kota di Indonesia yang menerpakan sistim pembayaran pajak dan retribusi secara online.

“Kita harus bangga karena Ambon adalah satu-satunya kota di Indonesia yang mengakomodir sistim pembayaran pajak dan retribusi secara online, terdapat 14 pajak dan retribusi yang dikelola,” kata Papilaya kepada wartawan di Ambon, Senin (10/4) usai peluncuran pembayaran pajak dan retribusi online kerjasama dengan Bank Maluku-Maluku Utara.

Loading...

Ia juga mengatakan, belum ada kota di Indonesia yang dapat menerapkan sistim pelayanan seperti ini, sedangkan Pemkot Ambon sudah bisa mengelola 7 pajak dan 7 retribusi secara Online. “Ini adalah bentuk komitmen dari pemerintah terhadap perubahan pengelolaan pajak dan retribusi,” ujarnya.

Menurut Papilaya, pengelolaan pajak secara online ini lebih baik karena dapat meminimalisir penggelapan dana dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab, sebab pembayaran bisa terkontrol secara langsung oleh sistim.

“Pembayaran pajak secara online ini juga bisa mengurangi dampak korupsi, selain itu juga dapat memudahkan wajib pajak untuk melakukan pembayaran pajak,” terangnya. Ia berharap, kehadiran sistim pembayaran pajak dan retribusi secara online ini dapat meningkatkan pendapatan Pemkot Ambon di bidang pajak dan retribusi. (IAN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *