Ambon Siap Belajar Tatap Muka, Kadis : Tunggu Izin Walikota Saja

by
Kondisi sekolah di Ambon yang lengang tidak ada aktivitas akibat pandemi covid-19. FOTO: Dok. Terasmaluku.com

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Kepala Dinas Pendidikan setempat, Fahmi Salatalohy mengungkapkan Pembelajaran Tatap Muka(PTM) bagi siswa SD dan SMP masih menunggu kebijakan Walikota Ambon, Richard Louhenapessy.

“Presiden Joko Widodo telah menginstruksikan pembelajaran tatap muka terbatas di wilayah PPKM level 1,2 dan 3. Untuk Kota Ambon kita masih menunggu izin Walikota Richard jika diizinkan maka akan segera diberlakukan,” katanya, Jumat (20/8/2021).

Fahmi bilang, Kota Ambon masuk masuk zona oranye atau wilayah PPKM level tiga, sehingga siap untuk melakukan PTM.

“Sekkot Ambon (Anthony Latuheru) saat rapat koordinasi juga telah menanyakan kesiapan sekolah. Prinsipnya kita siap hanya menunggu izin dari pimpinan daerah,” ujar Fahmi.

Secara umum kesiapan PTM di sekolah di Ambon telah siap yakni penataan ruangan,sarana pendukung dan jumlah siswa yang akan mengikuti belajar di tatap muka terbatas.

Yang terpenting juga yakni guru maupun tenaga pendidik telah selesai divaksinasi COVID -19.

“Tenaga pendidik kita hampir semua telah divaksinasi COVID -19, kalaupun ada yang belum atau tertunda dikarenakan memiliki riwayat penyakit atau sementara hamil,” kata Fahmi.

Saat ini lanjutnya, sementara dilaksanakan vaksinasi untuk anak usia 12-17 tahun, diharapkan pelaksanaanya sesuai target yang ditetapkan.

Ia mengemukakan, pihaknya juga akan menggelar simulasi belajar tatap muka dengan sasaran sejumlah sekolah yakni SMPN 14, SMPN 6 dan SMPN 2.

“Tiga sekolah ini akan menjadi sampel simulasi belajar tatap muka, karena kuota siswa cukup banyak dibandingkan sekolah lainnya,” tandas Fahmi.

Pewarta : Penina Fiolana Mayaut/Antara
Editor : Alex Sariwating