600 Lebih Personil Siaga Amankan Suplai Listrik Selama HUT Kemerdekaan RI

by

TERASMALUKU.COM, AMBON, – Jelang Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, PLN Maluku dan Maluku Utara siapkan 607 petugas.

Para petugas ini bersiap pada sejumlah titik perayaan HUT Kemerdekaan sejak 16-18 Agustus. Yaknj mengamankan suplai listrik dengan menyiapkan Power Bank’ atau Uninterruptabel Power Supply (UPS) berkapasitas 100 dan 250 kVA serta Genset berkapasitas 5 hingga 100kVA.

 

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara, Adams Yogasara menuturkan mesin ditempatkan di sejumlah lokasi yang ada.

“Untuk di Lapangan Merdeka Ambon sendiri, kami menyiapkan Power Bank atau UPS berkapasitas 250 kVA dan Genset berkapasitas 40 kW guna menjaga kehandalan pasokan listrik di lokasi perayaan HUT RI ke-76 di Ambon”, tutur Adams.

Adapun dari sisi ketersediaan daya listrik, Daya Mampu PLN di Provinsi Maluku sendiri mencapai 222,17 MW dengan Beban Puncak sebesar 109,79 MW sehingga terdapat Cadangan Daya sebesar 112,38 MW.

“Sehingga dari sisi daya yang tersedia di sistem kelistrikan, cukup. Namun tetap kami mengantisipasi dengan menyiapkan UPS dan Genset tersebut untuk menjaga keandalan apabila ada gangguan yang terjadi dari luar kendali kami, misal karena faktor cuaca” tutup Adams.

Tambahan daya itu diharapkan dapat menjaga kelangsungan perayaan HUT Kemerdekaan RI hingga sehari setelah hari H. (PRISKA BIRAHY)